Sukses

Nintendo Blokir Gamer yang Main Pokemon Sun/Moon Bajakan

Ingin membuat jera gamer yang bermain gim Pokemon Sun/Moon versi bajakan, Nintendo blokir permanen akun yang kedapatan melanggar.

Liputan6.com, Tokyo - Sebelumnya, Tekno Liputan6.com pernah membahas bagaimana sejumlah developer gim (game) 'menjahili' pemain yang main gim bajakan.

Di dalam daftar tersebut, beberapa developer mengambil cara yang unik dan lucu, seperti memperlambat gerakan karakter di Miror Edge, mobil 'curian' yang meledak di GTA V hingga jendela pesan 'menusuk' saat bermain Game Dev Tycoon untuk membuat pembajak sadar.

Walau beberapa developer mengambil cara unik dan kreatif, tak sedikit pula developer atau studio gim mengambil jalur hukum bagi gamer atau pihak tak bertanggung jawab yang kedapatan membajak.

Salah satunya adalah Nintendo. Setelah meluncurkan Pokemon Sun/Moon pekan lalu, Nintendo mendapatkan laporan kalau sejumlah gamer berhasil mendapatkan dan bermain Pokemon Sun/Moon versi bajakan.

Mendapati laporan tersebut, Nintendo pun langsung mengambil tindakan untuk memblokir sejumlah konsol 3DS pemain yang bermain gim bajakan. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (21/11/2016).

Dengan pemblokiran ini, para pemilik konsol 3DS tidak akan bisa mengakses layanan online Nintendo lagi. Artinya, gim-gim 3DS apa pun yang dibeli secara online namun belum diunduh tak akan bisa diakses lagi.

Sekadar informasi, Pokemon Sun/Moon merupakan gim konsol 3DS terbaru dan paling terlaris yang Nintendo miliki dengan 10 juta kopi gim sudah disebar di seluruh dunia beberapa saat diluncurkan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.