Sukses

3 Trik Instal Aplikasi Tak Resmi di MacOS Sierra

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi macOS Sierra membawa banyak perubahan untuk perangkat dekstop Apple. Salah satunya adalah penghentian dukungan untuk aplikasi dari pengembang tak dikenal atau tak resmi.

Biasanya, untuk menginstal aplikasi tak resmi, opsinya dapat dilihat saat mengklik System Preferences > Security & Privacy dan General Tab. Ketiga opsi ini antara lain mengizinkan aplikasi diunduh dari (1) App Store, (2) App Store and Identified Developers, dan (3) Anywhere.

Sayangnya, opsi ketiga sudah dihilangkan. Ini artinya, macOS Sierra kini lebih ketat dalam hal pemasangan aplikasi. Kendati begitu, masih ada trik yang dapat dicoba untuk menembus celah Sierra.

Sebetulnya tak masalah jika kamu memasang aplikasi yang bukan resmi dari Apple, selama aplikasi tersebut aman dan dapat dipercaya.

Ada trik lain yang dapat kamu coba untuk mengunduh dan memasang aplikasi dari pengembang tak resmi. Simak caranya seperti dilansir dari CNET, Selasa (22/11/2016) berikut ini:

1. Control-Click

Buka Finder dan cari aplikasi yang ingin kamu pasang. Kemudian tekan tombol Control dan klik untuk membuka aplikasi. Saat menu tampil, pilih Open untuk membuka kotak dialog sehingga OS Sierra mengizinkan aplikasi tak resmi dapat terpasang. 

2. Open Anyway
Jika Sierra tak mengizinkan kamu membuka aplikasi bersangkutan, aplikasi itu akan masuk dalam daftar aplikasi General Tab pada panel Security & Privacy di System Preferences.

Doc: CNET

 

Pergi ke panel tersebut dan kamu akan lihat aplikasi yang terblokir dengan tombol Open Anyway untuk membuat pengecualian. Setelah itu kamu dapat memasangnya. 

3. Terminal Command

Kamu bisa membawa kembali menu "Anywhere" di atas ke panel Security & Privacy di System Preferences dengan Terminal Command. Caranya, buka Terminal, ketik dan enter perintah:

sudo spctl--master-disable

Doc: CNET

Selanjutnya, saat kamu nanti membuka System Preferences, opsi "Anywhere" tidak hanya terdaftar tetapi juga terpilih, sehingga kamu dapat menginstal aplikasi dari sumber manapun.

(Cas/Why)