Sukses

7 Tempat Tersembunyi dari 'Mata' Google Maps

Meski dikenal sebagai peta paaling lengkap, Google Maps ternyata tak dapat memperlihatkan tujuh tempat ini kepada pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps bisa jadi salah satu teknologi pemetaan bumi yang paling lengkap dan memudahkan pengguna.

Meski tak pernah menginjakkan kaki ke berbagai negara, kamu bisa melihat-lihat negara yang ingin kamu datangi serta menyusuri tiap jalannya.

Namun, tahukah kamu, ada beberapa tempat di dunia yang tak terlihat di aplikasi peta besutan Google itu? Penasaran, berikut rinciannya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Jumat (25/11/2016).

1. Volker Air Base di Belanda

Berdasarkan sebuah dokumen yang dirilis oleh Wikileaks, Amerika Serikat diduga menyimpan 22 nuklir yang digunakan saat era perang dingin di Volker Air Base.

Penampakan Volkel Air Base di Belanda pada Google Maps (Sumber: Google Maps)

2. Roses, Spanyol

Jika melakukan pencarian di mesin pencari, Roses di Spanyol bakal merujuk pada sebuah tempat wisata pantai. Di sekitarnya banyak hotel dan fasilitas berwisata.

Namun, tak jauh dari pantai tersebut, terdapat bagian peta yang diblok dengan warna hitam. Sehingga jika kita zoom in, tak terlihat bagaimana tampak permukaan bumi di sana.

Dipercaya, situs yang dari peta terlihat menyerupai kuda laut itu merupakan pangkalan dan pusat kontrol bagi pesawat 875 Angkatan Udara AS.

Sebuah tempat di Roses, Spanyol (Sumber: Google Maps)

3. National Security Bureau, Taiwan

Dibandingkan dengan bangunan di sekitarnya, ada sebuah bangunan di Taiwan yang tampak disensor pada Google Maps. Bangunan yang dimaksud adalah National Security Bureau.

Menurut informasi yang beredar, National Security Bureau merupakan kantor pusat Biro Keamanan Nasional yang jadi pusat intelijen negara tersebut.

National Security Bureau Taiwan (Sumber: Google Maps)

Israel hingga Spanyol

4. Israel

Meski di peta terdapat penampakan negara Israel, ketika kamu meng-zoom in untuk melihat seperti apa tampilan muka bumi Israel, semuanya tampak buram. Sebab, kualitas gambar yang ditampilkan menggunakan gambar beresolusi rendah.

Penampakan peta Israel yang berkualitas gambar rendah (Sumber: Google Maps)

5. Nato Air Base Geilenkirchen, Jerman

Meski sebagian penampakan pangkalan udara tersebut bisa dilihat melalui Google Maps, namun ada sepetak area yang ditutupi. Entah apa penyebabnya.

 Nato Air Base Geilenkirchen, Jerman (Sumber: Google Maps)

6. Helipuerto De Cartagena Los Dolores, Spanyol

Tak banyak informasi mengenai tempat ini. Namun, di Google penampakan lokasi ini disensor sehingga tak terlihat apapun. Namun, saat ditelusuri menggunakan Google Street View yang terlihat adalah lokasi yang disensor itu sebuah tanah lapang.

7. US/Mexico Border, Hudspeth County, Texas, AS

Sekitar 15 mil dari perbatasan AS dan Meksiko, pada peta terlihat adanya distorsi dekat Ciudad Juarez, Meksiko.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.