Sukses

3 Tips Menghapus Jejak Informasi Anda di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Apabila kamu memiliki banyak akun media sosial, artinya informasi pribadimu sudah tersebar di dunia maya. Sebut saja alamat email, nomor telepon, atau tanggal lahir yang tertera di akun Facebook.

Sayangnya, informasi-informasi tersebut terkadang sering disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu.

Karena itu, jika sudah merasa jenuh dengan dunia maya, kamu bisa saja menghilangkan jejak dengan menghapus seluruh informasi tentang kamu di internet. 

Bagaimana caranya? Ada tiga (3) cara yang dapat kamu lakukan. Simak ulasannya, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNET, Rabu (23/11/2016) berikut ini:

1. Hapus Atau Nonaktifkan Akun Media Sosial cs

Setiap kali kamu mendaftarkan akun media sosial atau layanan belanja online, artinya kamu setuju untuk memberikan informasi pribadi kepada penyedia layanan. Dengan kata lain, penyedia layanan tahu alamat email, tanggal lahir, hingga nomor teleponmu.

Untuk menghapus informasinya dari internet, kamu dapat menghapus atau menonaktifkan akun-akun tersebut. Opsi ini selalu tersedia di menu Pengaturan layanan bersangkutan.

2. Hapus Hasil Pencarian

Cara selanjutnya adalah menghapus hasil pencarian tentang kamu dengan mengajukan permintaan tersebut kepada Google. Kamu tinggal memasukkan URL hasil pencariaanmu ke Google dan tunggu saja agar Google dapat mengabulkan permintaanmu.

Memang tidak ada jaminan Google akan menghapus seluruh informasi tentang Anda, tetapi cara ini patut dicoba.

3. Hapus Akun Email 

Untuk menghapus akun email, kamu harus sedikit bersabar. Pasalnya, akun email tidak akan langsung hilang karena  baru akan terhapus dalam beberapa hari. Jika kamu berubah pikiran, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Satu hal lagi, harus bersabar untuk melalui proses ini. Jangan berharap untuk menyelesaikannya dalam satu hari. Cara ini membutuhkan beberapa hari sampai terhapus atau tertutup secara permanen.

Meski begitu, Anda juga harus menerima beberapa informasi yang mungkin tidak akan dapat terhapus secara permanen dari internet.

(Eronika Dwi Pinara/Cas)

Artikel Selanjutnya
Cara Bongkar Identitas Pemilik Nomor Telepon
Artikel Selanjutnya
Cara Bersihkan Jejak Digital di Google