Sukses

Telkom Luncurkan Data Center Tier 4 di Singapura

Telin-3 diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puthucheary pada Selasa (22/11/2016)

Liputan6.com, Singapura - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), melalui anak usahanya Telin Singapore, meresmikan data center ketiganya di Singapore Data Centre Park (DCP), Jurong, Singapura. 

Data center bernama Telin-3 ini diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puthucheary 

Dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (24/11/2016), Telin-3 dirancang dengan konsep premium dan futuristik yang diklaim menjadi data center pertama dan satu-satunya yang bersertifikasi Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), institusi data center internasional.

Telin-3 dibangun pada area seluas 20.000 m2 dan menggunakan sistem multi-tier. Data center dengan 5 lantai ini menyediakan layanan fleksibel dengan sistem modular.Dengan begitu, pelanggan dapat memilih layanan sesuai kebutuhan.

CEO Telkom, Alex J Sinaga mengatakan Telin-3 adalah salah satu upaya perusahaan untuk memimpin industri digital di kawasan regional. "Kami yakin investasi ini akan meningkatkan kemampuan kami dalam mendukung ekosistem bisnis digital pelanggan regional maupun global," ujarnya.

Menurutnya, Telin-3 kini melengkapi data center yang telah dimiliki Telkom di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III. Seluruhnya berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya. Sementara klasifikasi Tier-IV berlokasi di Jatinegara, Jakarta. 

Telin-3 juga merupakan data center pertama berbasis software di Asia Pasifik yang dibangun dengan VMWare Validated Design. Rancangan ini memungkinkan Telin Singapore dalam menyediakan solusi menyeluruh. Dengan demikian, Telin-3 mampu menawarkan ekosistem lengkap untuk private dan publik, dengan sistem cloud dan platform.

(Cas/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini