Sukses

LingLong DingDong, Speaker Pintar Murah Penantang Amazon Echo

Namanya boleh saja nyeleneh, tapi fungsinya serupa dengan speaker Amazon Echo.

Liputan6.com, Beijing - Bicara soal produk imitasi alias KW, Tiongkok boleh jadi rajanya. Terbukti, semua perangkat teknologi buatan perusahaan kenamaan di dunia, bisa 'dimodifikasi' Tiongkok--mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga perangkat pintar sekali pun.

Menariknya, perangkat-perangkat tersebut hadir dalam desain yang nyaris mirip dengan perangkat aslinya. Sebut saja speaker pintar LingLong DingDong, yang fungsi dan desainnya serupa tapi tak sama dengan Amazon Echo.

Amazon Echo sendiri adalah sebuah speaker pintar yang berfungsi sebagai pemutar musik. Selain itu, fungsi perangkat tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah asisten digital, mulai dari Siri, Google Now hingga Cortana.

Keberadaan Amazon Echo sangat sesuai dengan konsep Smart Home. Sebab, pengguna bisa mengendalikan perabotan rumah selama dihubungkan dengan konektivitas yang sama. 

Menariknya, Amazon Echo diklaim laris manis di Negeri Tirai Bambu. Hanya saja, banderolan speaker ini masih terhitung tinggi, yaitu sekitar Rp 2,4 juta.

Peluang tersebut dibidik DingDong, perusahaan teknologi asal Tiongkok untuk menghadirkan speaker dengan fitur serupa, yaitu LingLong.

LingLong, meski pun namanya terkesan 'main-main', memiliki fungsi yang cukup membantu penggunanya sebagaimana yang bisa ditawarkan oleh Amazon Echo.

Speaker tersebut bisa menayangkan berita, prakiraan cuaca, update saham perusahaan, mengatur jadwal, reminder, memutar musik, dan masih banyak lagi.

Dikutip Ubergizmo, Sabtu (26/11/2016), LingLong pun bisa berinteraksi ke hampir 95 persen populasi di Tiongkok, karena speaker ini memiliki kemampuan berbicara dengan dua bahasa, yaitu Mandarin dan Kanton dengan aksen berbeda.

Sedangkan untuk harganya, DingDong membanderol LingLong dengan harga yang lebih murah ketimbang Amazon Echo. Untuk satu unit speaker, LingLong hanya dillego Rp 1,6 juta.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini