Sukses

Belanja Online Tanpa Perlu Khawatir? Yuk Simak 4 Tips Ini

Nah, agar belanja online Anda lebih aman dan menyenangkan, tips-tips berikut ini dapat Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online bukan lah fenomena baru di Indonesia. Buktinya, pemerintah memprediksi transaksi eCommerce di Indonesi menembus nilai fantastis Rp 394 triliun. Artinya, tren belanja online kini mulai berkembang di kalangan masyarakat. 

Kendati begitu, belanja online juga memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Bagaimanapun juga berbelanja di internet tetap akan membuka celah bagi para penjahat sibet (cyber criminal) untuk mengambil keuntungan Anda.

Nah, Anda perlu tahu hal-hal ini sebelum memutuskan untuk berbelanja online di internet. Hal ini perlu Anda ketahui agar belanja online lebih aman dan menyenangkan.

Simak selengkapnya sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Sabtu (26/11/2016).

1. Jangan Mudah Terkecoh

Terkadang ada email penawaran menarik yang masuk ke akun Anda. Waspada jika email tersebut mencurigakan dan jangan mudah terkecoh untuk membuka tautan di dalam emailnya.

Biasanya email tersebut berupa celah bagi hacker untuk mencuri informasi pribadi dan keuangan Anda. Sebaiknya langsung saja berbelanja online pada portal eCommerce yang resmi.

2. Hati-Hati pada Email yang Mengaku dari Bank Anda

Hati-hati pada email yang mengaku dari Bank Anda yang mengatakan perlu log in ke akun Anda dengan cara mengklik tautan untuk me-reset kata sandi. Cek alamat emailnya dan kalau perlu tanyakan langsung ke pihak Bank yang terkait.

3. Periksa Kartu Kredit

Biasakan untuk meungecek kartu kredit Anda, setidaknya sekali seminggu untuk memastikan bahwa transaksi pembelian benar-benar dilakukan Anda. Jika ada transaksi yang mencurigakan, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan kartu kredit Anda.

4. Pasang Perangkat Aman

Pastikan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet, dan komputer Anda dalam keadaan aman. Anda dapat memasang antivirus untuk mencegah masuknya malware ke perangkat Anda yang berpotensi untuk mencuri informasi pribadi Anda.

(Eronika Dwi Pinara/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini