Sukses

Google Buka 'Kampus' Baru untuk Startup di Jerman

Kawasan Kreuzberg kabarnya cukup populer di Berlin karena itu kawasan tersebut merupakan tempat berkumpulnya startup teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa internet Google membuka sebuah 'kampus' baru di Berlin, Jerman yang diperuntukkan bagi para startup teknologi pada 2017 mendatang.

Tempat tersebut nantinya akan dibangun di Kreuzberg, Berlin. Kawasan Kreuzberg kabarnya cukup populer di Berlin karena itu kawasan tersebut merupakan tempat berkumpulnya startup teknologi. 

Seperti yang dilansir Bussines Insider, Minggu (27/11/2016), Director of Entrepreneur and Campus Google, Mary Grove mengatakan pihaknya ingin berkontribusi terhadap pertumbuhan startup di kawasan tersebut.

"Tujuan kami adalah untuk mendukung ekosistem startup yang ada, bahkan untuk mempromosikan kewirausahaan," ungkap Grove.

The Financial Time sebelumnya melaporkan bahwa sejumlah startup Inggris telah pindah ke kota yang biayanya relatif murah sebagai dampak dari Brexit. Pasalnya, Brexit membuat para startup sulit untuk bisa mengakses 500 juta orang di pasar Eropa. 

Grove menambahkan, kampus ini akan menyediakan pengetahuan praktis seperti manajemen produk dan desain bagi para startup.

Seperti yang diketahui, Google sejak 2011 telah memiliki enam bangunan kampus di dunia, yaitu di London, Seoul, Warsaw, Sao Paulo, Tel Aviv, dan Madrid. Google juga telah membentuk kemitraan yang mendukung pengusaha di 125 negara.

Google dikabarkan menghabiskan €260 million atau US$ 276 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun untuk membangun kawasan tersebut. Dengan adanya kampus baru ini, Google dapat menciptakan lebih dari 4600 lapangan kerja baru.

(Raehan Maulida/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Startup adalah perusahaan rintisan yang didukung oleh layanan digital.

    Startup