Sukses

Gandeng LG, Apple Hadirkan Fitur Kamera 3D di iPhone 8?

Kabarnya Apple telah bekerja sama dengan LG Innotek untuk menggarap kamera berkemampuan 3D

Liputan6.com, California - Isu terbaru mengenai fitur yang bakal dihadirkan Apple pada iPhone 8 kembali muncul. Kali ini, perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook tersebut kabarnya akan menyematkan kemampuan kamera teranyar pada iPhone 8.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (30/11/2016) iPhone 8 dikabarkan bakal memiliki kemampuan pengambilan gambar tiga dimensi (3D). Untuk memuluskan rencana tersebut, Apple disebut telah mengembangkan teknologi tersebut bersama LG Innotek.

Menurut laporan sumber anonim, Apple akan kembali memanfaatkan lensa ganda dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Sebagai informasi, LG Innotek merupakan pemasok kamera ganda pada iPhone 7 Plus.

Namun belum dapat dipastikan cara kerja kamera ganda yang akan disematkan pada iPhone 8 tersebut. Salah satu kemungkinan adalah kamera itu akan meningkatkan kemampuan depth of field untuk menampilkan detail di latar sebuah gambar secara lebih mudah.

Lebih lanjut juga disebutkan, Apple akan memanfaatkan kemampuan dari perusahaan yang dibeli pada tahun lalu, LinX Imaging. Perusahaan tersebut memang dikenal fokus pada peningkatkan fungsi kamera, seperti pemetaan 3D dan pencahayaan tambahan.

Kabar mengenai rencana Apple untuk meningkatkan kemampuan dan fitur kamera pada iPhone 8 sebenarnya bukan kali pertama didengar. Sebelumnya, perusahaan asal Cupertino itu disebut-sebut ingin memanfaatkan teknologi augmented reality pada aplikasi kamera di iPhone.

Apple bahkan telah menyiapkan tim khusus yang melibatkan beberapa ahli di bidang head-mounted display dan kembali memanfaatkan startup yang baru dibeli pada 2015. Startup bernama FaceShift itu bergerak di bidang real-time motion picture.

Rencananya, setelah Apple berhasil memasukkan fitur AR ke aplikasi kamera iPhone, perusahaan juga akan merilis system development kit (SDK) bagi para developer. Dengan demikian, besar kemungkinan Apple ingin fitur ini dapat bekerja untuk aplikasi lainnya.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini