Sukses

5 Aplikasi Wajib bagi Pebisnis

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi mampu memberikan kontribusi positif di berbagai sendi-sendi kehidupan. Tengok saja berbagai aplikasi dan layanan yang ada saat ini, terbukti memudahkan penggunanya untuk beraktivitas.

Mau pesan kendaraan? Tinggal pesan lewat Go-Jek, Grab, atau Uber saja. Mau beli sesuatu tapi males keluar rumah? Beli saja di Bukalapak, Tokopedia atau layanan serupa lainnya. Itu hanya segelintir contoh betapa teknologi betul-betul membuat segalanya menjadi mudah.

Nah, kali ini Tekno Liputan6.com akan merangkum lima (5) aplikasi yang wajib terpasang di ponsel kamu yang saat ini sedang merintis bisnis atau startup. Apa saja kelima aplikasi tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

1. Pemindai kartu nama

Meski saat ini banyak hal di bidang bisnis dilakukan secara digital semisal mengirim email atau bahkan berjejaring, bertukar kartu nama masih sering dilakukan oleh pebisnis. 

Untuk memudahkan kamu menyimpan informasi di kartu nama milik jejaring atau rekan bisnis kamu, kamu perlu memasang aplikasi pemindai kartu nama (business card scanner).

Banyak aplikasi pemindai kartu nama tersedia gratis di toko aplikasi. Namun sebaiknya kamu membeli aplikasi versi pro karena aplikasi versi gratis hanya mendukung pemindaian kartu nama dalam jumlah terbatas. 

Kamu bisa mencoba CamCard - Business Card Reader yang tersedia baik dalam versi gratis maupun pro. 

Jejaring profesional

2. Jejaring profesional

Selain kartu nama, identitas lainnya yang wajib dimiliki oleh pebisnis adalah akun jejaring profesional. Adapun LinkedIn saat ini merupakan layanan jejaring profesional terbesar saat ini.

Bukan hanya berperan sebagai kartu nama, LinkedIn pun dapat berperan sebagai curriculum vitae kamu. Oleh sebab itu, akan sangat berguna bagi kamu memasang aplikasi LinkedIn di ponsel kamu.

3. Microsoft Office

Bergelut dengan dokumen dan laporan adalah kesibukan pasti seorang pebisnis. Maka itu, memasang aplikasi Microsoft Office (Word, Excel and PowerPoint) adalah harga mati.

Bila Microsoft Office yang banyak ditemukan di laptop dan PC berbasis Windows dibanderol dengan harga tertentu, Microsoft Office versi Android tersedia secara cuma-cuma. Meski gratis, semua fitur dasar Microsoft Office sudah didukung penuh. Jadi, kamu tetap bisa bergelut dengan dokumen dan laporan di mana pun dan kapan pun dari ponsel kamu.

Penyimpanan awan

 4. Catatan

Ponsel Android memang sudah menyediakan fitur pengingat atau reminder, tetapi sebagian di antara kita masih lebih nyaman menggunakan catatan atau note karena sejumlah alasan. Aplikasi catatan yang layak dicoba adalah Google Keep.

Selain mendukung tulisan catatan, aplikasi ini juga sudah mendukung gambar, hand drawing, dan juga reminder. Yang paling menarik dari Google Keep adalah fitur sinkronisasi dengan akun Google. Bahkan, aplikasi ini juga bisa dibuka tanpa koneksi internet dan catatan di dalamnya akan otomatis tersimpan.

5. Penyimpanan awan

Penyimpanan awan (cloud storage) bisa menjadi alternatif untuk menyimpan file selain di ponsel, laptop, atau perangkat penyimpanan lainnya. Kelebihan cloud storage adalah kamu bisa mengakses file yang tersimpan di dalamnya, dari mana saja dan kapan saja selama kamu terhubung dengan koneksi internet. 

Adapun pemilik akun Google otomatis mendapat penyimpanan awan Google Drive dengan kapasitas 15GB. Kapasitas ini bisa ditambah hingga 30TB, kalau kamu berlangganan bulanan. Opsi lainnya yang juga bisa kamu coba adalah Dropbox dan One Drive.

Nah, itulah lima (5) aplikasi yang wajib terpasang di ponsel kamu yang saat ini sedang merintis bisnis atau startup. Apa kamu punya rekomendasi lain?

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler