Sukses

8 Rekomendasi Ponsel Rp 3 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel kini makin canggih saja. Teknologi-teknologi yang dulu tak pernah disangka-sangka akan ada di ponsel, kini ada.

Di sektor dapur pacu, spesifikasi ponsel pun makin gahar. Tengok saja, kebanyakan ponsel keluaran terbaru yang menyasar kelas menengah di Indonesia setidaknya sudah memiliki tiga fitur-fitur jempolan semisal pemindai sidik jari.

Bahkan, ada pula yang sudah dibekali lensa ganda sebagai kamera utamanya. Buat kamu yang suka swafoto, ada ponsel yang resolusi kamera depannya 20MP. 

Kali ini, Tekno Liputan6.com merangkum 8 ponsel dengan kisaran harga Rp 3 jutaan yang patut kamu pertimbangkan kalau kamu mau ganti ponsel. Ke-8 ponsel berikut ini punya kelebihan masing-masing. Kamu tinggal pilih dan sesuaikan saja sesuai dana dan kebutuhan kamu.

Perlu diperhatikan, urutan ke-8 ponsel tersebut dibuat secara acak sehingga tidak menentukan kualitas dan preferensi dari Tekno Liputan6.com. Selengkapnya, simak rangkumannya berikut ini.

1. Huawei P9 Lite

Fingerprint pada Huawei P9 Lite (Liputan6.com/Iskandar)

Ponsel dengan bentang layar 5,2 inci ini memiliki prosesor octa-core Kirin 650 64-bit berkecepatan 2GHz. Prosesor tersebut dikawinkan dengan RAM 3GB dan memori internal 16GB, yang bisa ditingkatkan hingga 128GB.

Berjalan di Android 6.0 Marshmallow, ponsel ini memiliki kamera utama beresolusi 13MP berikut LED flash dan kamera sekunder beresolusi 8MP. Fitur unggulan lainnya adalah pemindai sidik jari (finger print scanner).

[Simak review Huawei P9 Lite di sini]

Ponsel yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE di Indonesia ini mengusung desain premium dengan bodi berbalut metal dari material frame alloy. Meski memiliki daya baterai cukup besar yakni 3.000 mAh, sayangnya ponsel ini belum dibekali fitur pengisian daya cepat. 

Harga: Rp 3,799 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya]

2. LG X Cam

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa senjata andalan LG X Cam adalah kamera. Dua kamera utama LG X Cam masing-masing beresolusi 13MP dan 5MP.

Angle normal hasil bidikan kamera 13MP adalah 78°, sedangkan angle hasil bidikan kamera 5MP adalah 120° (wide angle). Untuk diketahui, dua kamera utama ini sama seperti yang ada di ponsel flagship LG G5 SE dan LG V20.

[Simak review LG G5 SE di sini]

Spesifikasi utamanya proseor 1,14GHz octa-core, RAM 2GB, dan memori internal 16GB yang dapat ditingkatkan hingga 2TB. Layarnya seluas 5.2 inci beresolusi full-HD. Adapun kamera depannya beresolusi 8MP. Kapasitas baterainya 2.520mAh. 

Harga: Rp 2,99 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya]

1 dari 4 halaman

Asus dan Vivo

 3. Asus Zenfone 3 Laser

Asus Zenfone 3 Laser

Mendapuk kamera sebagai fitur unggulannya, Asus ZenFone 3 Laser ZC551KL memiliki teknologi Laser TriTech AutoFocus, yang mengombinasikan laser inframerah, phase detection, dan continuous autofocus, sehingga pengguna bisa mengunci objek dalam kecepatan 0,03 detik saja.

Ponsel ini memiliki kamera beresolusi 13MP, dengan aperture f/2.0 dan 5P Largan Lens. Tersedia pula dual LED Flash di sebelah kanan kamera utama. Nah, buat kamu yang gemar melakukan swafoto alias selfie, Asus ZenFone 3 Laser menawarkan kamera depan 8MP, dengan aperture f/2.0. 

Adapun dapur pacu Asus Zenfone 3 Laser adalah Qualcomm Snapdragon 430, yang dipadukan dengan Adreno 505, RAM 4GB tipe LPDDR3, serta ruang penyimpanan internal 32GB yang bisa ditambah hingga 128GB dengan MicroSD. Dari segi keamanan, Asus Zenfone 3 Laser sudah dilengkapi pemindai sidik jari (fingerprint scanner), yang mampu merekam hingga 5 sidik jari.

Harga: Rp 3,399 juta

4. Vivo V5

Hands on Vivo V5, smartphone pertama di dunia dengan kamera depan 20 MP.  (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Sama seperti Oppo F1s, senjata utama Vivo V5 adalah kamera depannya, tapi dengan resolusi lebih tinggi yakni 20MP, sedangkan kamera belakangnya beresolusi 13 MP. Dengan fitur soft light, ponsel terbaru Vivo V5 ini menawarkan kombinasi teknologi, desain, dan tampilan apik yang akan membuat penggunanya bisa mendapat foto selfie yang diklaim sempurna di setiap kondisi pencahayaan.

Produk teranyar Vivo ini memiliki bentang layar 5,5 inci dengan resolusi 1280x720 piksel, serta layar melengkung 2.5D. Fitur lainnya adalah pemindai sidik jari yang mampu membuka kunci layar hanya dalam 0,2 detik.

Kemudian, ada pula fitur Smart Screen-Split yang memungkinkan pengguna mengelola task tanpa perlu bolak-balik antaraplikasi saat ada pesan masuk bersamaan. Selain itu, Vivo V5 dilengkapi sensor kamera Sony IMX 376 (1/2.78-inci, f/2.0), yang merupakan hasil riset kolaborasi Vivo dengan Sony. 

Untuk spesifikasi lebih lanjut, ponsel ini disokong prosesor octa-core 64-bit dengan RAM 4GB dan ROM 32GB. Ponsel yang kompatibel di jaringan 4G LTE ini dan dibekali baterai 3.000mAh.

Harga: Rp 3,499 juta 

[Simak video unboxing Vivo V5 di sini]

2 dari 4 halaman

Samsung dan Lenovo

5. Samsung J7 Prime

Samsung umumkan seri Galaxy J2 Prime, J5 Prime dan J7 Prime. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Bisa dibilang, ponsel ini merupakan yang terbaik di antara ponsel Samsung lainnya dengan embel-embel 'J'. Kamera utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/2.2, sedangkan kamera sekundernya beresolusi 8MP dengan aperture f/1.9.

Exynos 7870 octa-core 1.6Ghz berikut RAM 3GB dan memori internal 32GB, yang bisa ditambah hingga 128GB lewat microSD, menjadi racikan pas untuk menghasilkan performa mengesankan untuk ukuran ponsel kelas menengah. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 3.300mAh, yang dilengkapi dilengkapi fitur ultra saving data guna menghemat penggunaan baterai. 

Fitur unggulan lainya adalah desain premium, layar 2.5D Gorilla Glass berdiagonal 5,5 inci, serta pemindai sidik jari yang terletak di tombol Home.

Harga: Rp 3,799 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya] 

6. Lenovo Vibe P1 Turbo

Lenovo Vibe P1 Turbo (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Dapur pacu Vibe P1 Turbo adalah Qualcomm Snapdragon 615 64-bit octa-core berkecepatan 1,5 GHz dan RAM 3GB. Kapasitas memori internalnya 32GB, yang dapat diperbesar hingga 128GB dengan kartu microSD.

Bagi kamu yang suka memotret, tersedia kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP. Tak hanya itu, Lenovo juga menyertakan teknologi pemindai sidik jari untuk mendukung penguncian layar yang lebih aman. Lenovo Vibe P1 Turbo hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Silver, Graphite Grey, dan Gold..

Harga: Rp 3,299 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya]

3 dari 4 halaman

Polytron dan Oppo

 7. Polytron Prime 7S

Polytron Prime 7s

Sebagai ponsel pertama Polytron yang menyasar kelas menengah ke atas, ponsel ini mempunyai kamera utama 16MP dengan Phase Detection Auto Focus (PDAF) dan electronic image stabililization (EIS), sehingga pengambilan video lebih stabil dan berkualitas, berikut dual tone flash yang menghadirkan warna akurat dan vibrant pada sebuah foto. Ada pula kamera depan beresolusi 8MP dengna LED Flash dan wide angle 84°.

Dapur pacu ponsel ini diserahkan pada Helio P10 octa-core 2.0Ghz 64bit, RAM 3GB dan memori internal berkapasitas 64GB. Meski kapasitas baterai ponsel ini terbilang standar yakni 2.300mAh, Polytron menghadirkan pengisian daya cepat bernama turbo charging. Fitur lainnya adalah pemindai sidik jari dengan kecepatan respons 0,2 detik 

Harga: Rp 3,799 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya]

8. Oppo F1s

Tampilan depan OPPO F1s. (Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza)

Keunggulan ponsel berjuluk selfie expert ini terletak pada kamera depan beresolusi 16MP dengan aperture f2.0 serta sensor berukuran 1/3.1 inci. Ada pula Beautify 4.0 yang diklaim mampu membuat hasil selfie jadi lebih natural dan selfie panorama yang diyakini memungkinkan pengguna mengambil group selfie dengan sudut lebar 120°.

Yang tak kalah menarik, ada screen flash yang bekerja dengan memanfaatkan cahaya layar sebagai perangkat lampu tambahan. Untuk menunjang performanya, Oppo F1s dilengkapi dengan prosesor 64-bit octa-core, RAM 3GB dan memori internal 32GB yang dapat ditambah hingga 128GB dengan kartu memori.

Fitur lainnya adalah pemindai sidik jari yang terletak di tombol Home. Diklaim cukup responsif, fitur ini hanya perlu waktu 0,22 detik untuk mengenali sidik jari.

Kompatibel dengan jaringan 4G LTE, ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 3.075mAh yang bisa dipakai hingga 14 jam. Ponsel dengan bentang layar 5,5 inci ini juga telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4.

Harga: Rp 3,499 juta [Di erafone.com dan online channel lainnya] 

(Why/Cas)

Artikel Selanjutnya
4 Nomor Ponsel Cantik Harga Selangit, Paling Mahal Rp 281 Miliar
Artikel Selanjutnya
Harga Fantastis Ferrari Bekas, Angkanya Bikin Melongo