Sukses

Apple Uji Coba 10 Prototipe iPhone 8

Sejumlah produk purwarupa yang diuji coba di antaranya memiliki desain smartphone berlayar lengkung

Liputan6.com, California - Apple dilaporkan sedang serius menyiapkan iPhone generasi terbaru yang dijadwalkan rilis tahun depan. Menurut laporan Wall Street Journal, perusahan tersebut tengah melakukan uji coba pada lebih dari 10 prototype (purwarupa) yang akan menjadi iPhone 8.

Mengutip informasi dari Business Insider, Selasa (29/11/2016), beberapa di antara purwarupa itu disebut-sebut hadir dengan desain terbaru. Kabarnya, Apple memang tengah berencana menghadirkan iPhone berlayar lengkung.

Karenanya, perusahan yang kini dipimipin Tim Cook tersebut akan menggunakan layar OLED untuk iPhone selanjutnya. Layar OLED dipilih karena menampilkan kemampuan tampilan yang lebih hitam dengan konsumsi daya lebih rendah. 

Kebutuhan layar OLED yang terbilang banyak juga membuat Apple telah menghubungi beberapa pemasok. Perusahaan itu telah meminta Samsung, LG Display, Sharp yang kini dimiliki Foxconn, dan Japan Display.

Laporan Bloomberg sebelumnya menyebutkan, Samsung akan menjadi pemasok tunggal layar OLED untuk Apple di tahun depan. Sementara tiga perusahaan lain didorong untuk bisa memenuhi kebutuhan Apple, setidaknya pada 2018.

Permintaan ini ternyata membuat sejumlah perusahaan melakukan investasi besar-besaran. Sharp disebut membutuhkan dana lebih dari US$ 5 miliar untuk mengembangkan teknologi dan memenuhi kebutuhan layar OLED untuk Apple.

Penggunaan layar OLED juga mendukung rencana Apple untuk membuat desain iPhone 8 tampil lebih baru dan segar. iPhone itu disebut akan memiliki lapisan kaca mulai dari layar hingga bagian belakang dan pinggir.

Dengan desain kaca itu, tombol Home virtual akan diletakkan di dalam layar, bukan berbentuk tombol fisik. Rencananya, kamera iPhone 8 juga bakal dibekali dengan fitur anyar, seperti augmented reality dan kemampuan tiga dimensi (3D).

Konsep desain iPhone 8

Penasaran seperti apa desain yang mungkin diusung oleh Apple untuk iPhone 8? Berikut ini ada sejumlah desain konsep dari iPhone 8. 

Desan iPhone 8 yang tak mengalami banyak perubahan ketimbang seri sebelumnya (sumber: imore.com)

Desain iPhone 8 yang terlihat begitu futuristik dengan bezel tipis dan tak memiliki tombol fisik dari ConceptsiPhone (sumber: MacRumors.com)

Desain yang menggambarkan kemungkinan desain anyar untuk iPhone 8 (sumber: technobuffalo.com)

Desain ini kemungkinan terpengaruh rumor yang menyebut tombol iPhone terbaru akan terletak di layar (sumber: 9tomac.com)

Desain iPhone 8 ini kemungkinan terinspirasi dari rumor yang menyebut layar iPhone terbaru akan melengkung (sumber: ininquisitr.com)

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini