Sukses

Unggahan Instagram Di-screenshot, Pengguna Terima Notifikasi?

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Instagram dikabarkan bakal menerima notifikasi jika ada pengguna yang men-capture (screenshot) unggahannya. Hal ini pun ramai diberitakan media-media luar negeri dan membuat pengguna jadi bertanya-tanya.

Benarkah layanan berbagi video singkat itu meluncurkan fitur baru?

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Selasa (29/11/2016), sebenarnya notifikasi screenshot itu hanya berlaku untuk layanan pesan pribadi yang sifatnya sementara (Direct). Fitur Direct sendiri adalah pesan yang akan langsung hilang saat penerimanya sudah melihat isi pesan. 

Oleh karena itu, pengguna layanan berbagi foto dan video Instagram tak perlu khawatir bahwa pemilik foto akan tahu saat kamu men-sceenshot unggahan mereka.

Dengan fitur notifikasi screenshot pada fitur Direct ini, saat kita mengirimkan pesan privat berupa foto maupun video kepada seorang dan ia membuka serta men-screenshot pesan, sebuah notifikasi bakal muncul.

Notifikasi itu kurang lebih berisi pemberitahuan singkat bahwa penerima pesan telah men-screenshot pesan yang kita kirimkan. Nantinya notifikasi bertuliskan "screenshot" juga muncul di bawah nama penerima pesan. Lantaran pesan ini bersifat rahasia, notifikasi pun akan hilang setelah beberapa menit.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus meng-klik ikon pesawat terbang kertas yang ada di pojok kanan atas atau geser ke kiri feed Instagram.

Pengguna nanti akan melihat bar baru mirip Stories, di bagian atasnya. Di sana lah, para pengguna dapat melihat foto dan video instan yang dikirim untuk mereka.

(Tin/Cas)