Sukses

Memori iPhone Penuh, Begini Cara Mudah Membersihkannya

Tips untuk membersihkan memori iPhone dengan cara mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Memori kepenuhan tentunya bakal mengganggu kinerja ponsel kamu. Kamu akan kesulitan saat hendak mengunduh aplikasi baru atau mengambil foto saat memori smartphone kepenuhan, tak terkecuali bagi pengguna iPhone.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk 'membebaskan' smartphone kamu dari kepenuhan memori. Salah satunya adalah menghapus aplikas yang dirasa tidak perlu. 

Oleh karena itu, Tekno Liputan6.com bakal memberikan tips untuk membersihkan memori iPhone dengan cara mudah sebagaimana dikutip dari Business Insider, Jumat (2/12/2016).

1. Uninstall Aplikasi

Pertama kamu perlu melihat ruang penyimpanan iPhone, caranya buka 'Setting' dan masuk ke menu 'General', kemudian pilih 'Storage & iCloud Usage'.

Cek memori pada iPhone (Sumber: Business Insider)

Pada menu tersebut, kamu bisa melihat memori yang telah digunakan dan yang masih tersedia. Kemudian, tap 'Manage Storage' untuk melihat seberapa banyak ruang yang dipakai oleh masing-masing aplikasi. Jika dirasa aplikasi terlalu memakan ruang penyimpanan, kamu bisa menghapus (uninstall).

Cek ketersediaan memori dan uninstall aplikasi agar memori iPhone lebih longgar (Sumber: Business Insider)

Penghapusan aplikasi jika bisa dilakukan lewat home screen, yakni dengan mengetap dan menahan aplikasi yang ingin dihapus. Nantinya akan muncul sebuah opsi untuk menghapus aplikasi yang dimaksud.

2. Hapus Lagu dari Aplikasi Musik

Selain menghapus aplikasi yang memakan memori, kamu juga bisa menghapus lagu-lagu yang tak sering didengarkan.

Hapus lagu (Sumber: Business Insider)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hapus Pesan dan Foto

3. Hapus Pesan

Membersihkan memori iPhone juga bisa dilakukan dengan menghapus pesan-pesan baik dengan cara manual, yakni dengan mengesar layar ke arah kiri pada pesan yang ingin dihapus.

Hapus pesan (sumber: Business Insider)

Selain dengan cara manual, penghapusan pesan dapat dilakukan secara otomatis melalui 'Setting'. Caranya dengan memilih menu 'Keep Messages' yang terdapat di bawah 'Message History'. Pilihlah menjadi 30 days, sehingga semua pesan yang diterima lebih dari 30 hari lalu bakal langsung terhapus secara otomatis.

Hapus pesan secara otomatis (Sumber: Business Insider)

4. Hapus Foto dari Galeri

Jika memori iPhone dirasa masih kepenuhan, kamu juga bisa menghapus foto-foto lawas yang tak terpakai. Caranya dengan memilih satu thumbnail foto yang hendak dihapus. Kemudian pilih foto-foto lain untuk menghapusnya secara bersamaan.

Hapus foto dari galeri (Sumber: Business Insider)

5. Optimisasi Penyimpanan iPhone

Pembersihan memori iPhone juga bisa dilakukan dengan mengoptimisasi ruang penyimpanan iPhone. Caranya dengan masuk ke 'Setting' kemudian pilih menu 'Photo & Camera', lalu pastikan bahwa pengaturan 'Optimize iPhone Storage' telah diaktifkan.

Fitur ini bakal membuat foto-foto beresolusi tinggi tersimpan di iCloud. Jika kamu membutuhkan foto tersebut, kamu hanya perlu mengunduhnya di iCloud.

Simpan foto beresolusi tinggi dengan layanan iCloud (Sumber: Business Insider)

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini