Sukses

Tips Jitu Bersihkan 'Sampah' Memori di iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Memori internal jadi salah satu faktor penting bagi pengguna iPhone. Sebab, semua aplikasi yang ter-install sudah pasti memakan ruang penyimpanan. Semakin banyak aplikasi yang kamu install, kian besar memori yang diambil.

Maka itu, iPhone dengan kapasitas memori besar belum tentu jadi jaminan jika kamu meng-instal banyak aplikasi yang tak penting.

Jika sudah kejadian, memori iPhone-mu akan tersisa sedikit. Akibatnya, kamu tidak leluasa memanfaatkan ruang penyimpanan iPhone. 

 Contoh, kamu tidak bisa menyimpan foto karena memori penuh, selain itu kamu juga tidak bisa meng-install aplikasi tambahan. Bahkan, kamu juga tak bisa meng-update sistem operasi iPhone karena terbatasnya ruang penyimpanan yang tak mencukupi.

Lalu, adakah cara agar bisa membuat kapasitas penyimpanan iPhone kembali lega? Apakah cara menghapus aplikasi secara manual dapat menolong? Belum tentu.

Penuhnya memori iPhone tak hanya disebabkan oleh aplikasi yang ter-install, melainkan juga dari 'sampah-sampah' aplikasi itu--dalam hal ini disebut "Cache".

Berikut ini tips jitu membersihkan sampah memori di iPhone. Merangkum informasi dari Business Insider, Kamis (1/12/2016), berikut ulasannya.

1. Cari Tahu Aplikasi yang Rakus Makan Memori

Pertama-tama, kamu harus mengetahui aplikasi mana saja yang 'rakus' memakan memori iPhone. Caranya, pergi ke Settings -> General -> Storage & iCloud Usage.

Setelah itu, pilih opsi Manage Storage di pilihan Storage.

Barulah kamu mengetahui, aplikasi apa saja yang memakan memori paling banyak. Dalam kasus ini, aplikasi Photos dan Videos memakan memori sebanyak 14,5 GB.

1 dari 3 halaman

Hapus Aplikasi

2. Hapus Aplikasi yang Rakus Makan Memori

Jika ada aplikasi yang banyak memakan memori, kamu bisa menghapusnya.

Namun jangan khawatir, install kembali aplikasi tersebut. Karena setelah ter-install kembali, cache dari aplikasi itu telah otomatis ikut terhapus.

Kamu juga bisa menghapusnya secara otomatis dari home dengan hold dan tap ikon aplikasi.

2 dari 3 halaman

Hapus File Lain dan Optimalkan Kamera

3. Hapus File Lainnya

Pesan teks, file musik, dan juga foto tentu jadi 'biang kerok' penyebab memori iPhone-mu penuh.

Lakukan inspeksi rutin setiap satu minggu sekali untuk menghapus file yang tidak dibutuhkan agar memori iPhone tetap optimal.

4. Optimalkan Fitur Kamera

Agar foto-foto yang diambil tidak memenuhi memori internal, kamu bisa mengaktifkan opsi "Optimize iPhone Storage".

Dengan begitu, foto dengan resolusi tinggi hanya akan disimpan di iCloud. Untuk memidahkannya ke iPhone, kamu hanya perlu mengunduhnya.

Selamat mencoba!

(Jek/Isk)

 

 

Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil