Sukses

Telkomsel dan ITB Berkolaborasi Terapkan Smart City di Bekasi

Telkomsel bekerja sama dengan LAPI ITB mengembangkan konsep smart city di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel berkolaborasi dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan konsep smart city di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Setelah Kota Bogor, implementasi konsep smart city di Bekasi ditujukan guna menyiasati masalah perkotaan antara lain pertumbuhan jumlah penduduk yang berkembang pesat yang sekaligus menuntut alternatif solusi permasalahan. Guna menunjang konsep tadi, Telkomsel menggelar jaringan mobile broadband berkualitas melalui 332 BTS 4G (eNode B) di Kota Bekasi.

Vice President Technology & System Telkomsel Ivan C. Permana mengatakan, Telkomsel merasa bertanggung jawab memberikan layanan dan solusi mobile digital dan mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa.

"Implementasi smart city di Indonesia merupakan dukungan kami terhadap pemerintah kota dalam meningkatkan kinerja, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sebuah kota menjadi cerdas ketika terjadi integrasi informasi berbasis teknologi aplikasi secara langsung antara pemerintah kota dan masyarakat," kata Ivan, dalam pernyataaannya kepada Tekno Liputan6.com.

Implementasi smart city di Bekasi dalam bentuk platform Smart City, Patriot Operation Center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan cepat dan tepat berdasarkan informasi real-time yang dikirimkan sensor-sensor yang terhubung satu kesatuan sistem terintegrasi. Sementara Patriot Operation Center merupakan ruang kontrol bagi pemerintah kota dalam memantau dan mendapatkan informasi tertintegrasi seputar kota Bekasi secara real-time.

Instalasi software dan hardware dilakukan dalam bentuk pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran sungai, CCTV, GPS tracking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS) ke semua perangkat yang terintegrasi dengan Patriot Operation Center.

"Sementara aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi, yang memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi tentang kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi; laporan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti dan disolusikan pemda," ujar Ivan.

"Kami percaya permasalahan di ibu kota dapat diatasi secara komprehensif apabila kota-kota penyangga di sekitarnya juga mampu mengatasi persoalan perkotaan secara cerdas," pungkas Ivan.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini