Sukses

7 Tips Menghemat Baterai Kamera

Ada beberapa cara mudah dan umum dilakukan untuk bisa menghemat baterai saat memotret. Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini memotret menjadi salah satu aktivitas yang lazim dilakukan sebagai hobi, sehingga tak melulu dilakukan oleh kalangan profesional. 

Tentu saja, semua fotografer--baik profesional, hobbyst, maupun amatir--akan setuju bahwa kehabisan baterai saat memotret menjadi momen yang paling ditakutkan.

Memang selalu membawa baterai cadangan bisa jadi salah satu solusinya, tapi sebenarnya ada beberapa cara mudah dan umum dilakukan untuk bisa menghemat baterai saat memotret. Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini.

1. Matikan fitur Wireless

Kamera DSLR dan mirrorless saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur wireless seperti GPS, WiFi, Bluetooth hingga NFC. Seperti di laptop, smartphone, atau tablet, fitur ini memang cukup menguras kinerja baterai.

Jadi, pastikan fitur ini dinonaktifkan jika memang tidak digunakan. Jika kamera menyediakan modus Airplane, opsi ini bisa langsung dipilih untuk menonaktifkan semua fitur Wireless tersebut.

2. Matikan fitur Stabilisasi

Fitur yang satu ini seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, fitur ini sangat membantu untuk memastikan hasil bidikan tetap tajam dan terhindar dari blur apalagi saat menggunakan lensa zoom panjang misalnya 70-200mm. Namun di sisi lain fitur ini menyedot baterai.

Untuk itulah kamu bisa mematikannya jika sedang memotret dengan lensa wide, zoom pendek atau lensa fix. Jika kamu sedang menggunakan lensa zoom, fitur ini bisa dimatikan dan kamu bisa memasang lensa ke tripod atau monopod agar lebih stabil.

3. Matikan fitur pembersih sensor otomatis

Pada umumnya semua pengguna kamera akan membiarkan fitur ini aktif untuk membersihkan sensor saat kamera dimatikan. Nah, cobalah sesekali untuk menonaktifkan fitur ini dan kamu bisa merasakan penggunaan baterai akan sedikit lebih hemat.

Selengkapnya baca di sini

(Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini