Sukses

Pemain Bola Profesional Jadi Korban Terbaru Kebocoran Data

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan kasus kebocoran data besar-besaran yang menimpa selebritas dunia? Kasus serupa kini menjerat korban baru: pemain bola profesional.

Media Jerman Der Spiegel, sebagaimana dikutip dari Engadget, Minggu (3/12/2016), memublikasikan laporan mencengangkan. Laporan itu mengungkap rincian tentang korupsi di berbagai klub sepak bola di daratan Eropa tak terkecuali para pemainnya.

Sebuah kelompok menamakan diri sebagai "Football Leaks" membeberkan data dalam jumlah fantastis: 1,9TB. Data tersebut meliputi 18,6 juta dokumen, termasuk perjanjian rahasia antara klub dan pemain.

Paparan pertama Der Spiegel berfokus pada Cristiano Ronaldo dan Mesut Özil dan tampaknya akan difokuskan pada pemain-pemain yang mengambil keuntungan dari berbagai undang-undang pajak untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Adapun penggelapan pajak di dunia sepak bola bukanlah rahasia. Lionel Messi baru-baru ini dihukum karena penggelapan pajak, tetapi mengingat begitu fantastisnya dokumen yang dirilis, tampaknya hal lain yang lebih kontroversial akan mencuat.

Saat ini makin sangat mudah untuk mengirim dan membagikan kebocoran data besar-besaran seperti ini dan untuk melakukannya agaknya akan lebih mudah di bawah 'topeng anonim' bila dibandingkan dengan beberapa dekade lalu.

(Why/Ysl)

Artikel Selanjutnya
4 Alasan Pemain Dunia Gabung Liga Super Tiongkok
Artikel Selanjutnya
Blizzard Akan Perbarui Sistem Pelaporan di Overwatch