Sukses

Tips Mengamankan WiFi Router

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang bisa menyebabkan koneksi internet di rumah melambat. Salah satu penyebab umum biasanya berasal dari penyedia layanan jaringan internet. Namun, ada juga penyebab lain yang cukup jarang orang sadari.

Jika di rumah kamu menggunakan wireless router untuk menyebarkan jaringan internet, wireless router yang digunakan bisa saja menjadi salah satu penyebab koneksi internet melambat. Mungkin ini karena kamu telah menjadi korban pencurian akses jaringan internet oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Oleh karena itulah sistem pengamanan wireless router amat diperlukan. Untuk melakukan pencegahan, caranya pun ternyata cukup mudah.

1. Masuk ke admin panel router

Untuk melakukan pengecekan tahap awal, yang harus dilakukan adalah masuk ke admin panel router.

image credit: www.TP-link.us

Yang umum dilakukan adalah ketik 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 di bar alamat peramban. Jika ini tidak berhasil, untuk melakukan pengecekan alamat IP admin panel router secara manual bisa dengan cara klik tombol start di pojok kiri bawah layar, di kolom search kemudian ketik CMD lalu ketik ipconfig.

Setelah itu, akan muncul tampilan informasi koneksi jaringan. Di baris terakhir “Default Gateway” adalah alamat IP dari admin panel router. Kemudian, ketik alamat IP tersebut di bar alamat peramban untuk akses ke admin panel router.

Selengkapnya baca di sini

(Why)

Artikel Selanjutnya
Linksys Luncurkan Router WiFi MU-MIMO dengan Seamless Roaming
Artikel Selanjutnya
Tips Bedakan WiFi Gratisan yang Aman Atau Tidak