Sukses

6 Cara Isi Baterai iPhone Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Apakah baterai iPhone kamu terasa cepat habis namun butuh waktu lama untuk membuatnya kembali penuh?

Jika iya, sejumlah cara ini dapat membantu kamu mengisi daya baterai iPhone dengan lebih cepat. Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Senin (5/12/2016), berikut adalah enam cara agar pengisian daya iPhone lebih cepat.

1. Jangan Menggunakan Komputer/Laptop

Tahukah kamu bahwa mengisi daya melalui laptop atau komputer butuh waktu lama? Kalau kamu ingin mengisi daya lebih cepat, cobalah untuk mengecas langsung dari stop kontak.

MacBook (Sumber : Apple.com)

2. Jangan Gunakan Charger Palsu

Hati-hati dalam memilih charger dan aksesoris buat smartphone. Baru-baru ini, sebuah perusahaan menyebut bahwa pengisian daya menggunakan charger abal-abal yang dibeli dari toko online memiliki potensi bahaya.

Oleh karena itu, coba beralih menggunakan charger Made By Apple alias bikinan Apple atau yang memiliki sertifikasi Made For iPhone (MFi). Meski charger dengan label MFi tak dibuat langsung oleh Apple, perusahaan manufaktur yang memproduksi aksesoris dengan logo MFi sudah mendapat sertifikasi dari Apple. Artinya, charger tersebut aman buat iPhone kamu walau harganya lebih mahal.

Foto: ebay.com

 

1 dari 3 halaman

Buka Case iPhone

3. Copot Case Pelindung iPhone

Memasang case pelindung di iPhone ternyata bisa meningkatkan suhu pada ponsel. Sebab, baterai lithium-ion yang ada di dalam iPhone mengeluarkan hawa panas.

Nah, jika kamu tutupi iPhone dengan pelindung, hawa panas bisa terjebak di perangkat. Apple sendiri menyebut agar menjaga baterai tetap dalam kondisi dingin.

Casing iPhone khusus Pokemon Go (Sumber: The Next Web)

4. Jangan Gunakan iPhone Saat Sedang Diisi Daya

Banyak orang yang sering menggunakan dan memainkan smartphone saat sedang diisi daya. Tentunya kinerja yang tanpa henti membuat proses pengisian daya berlangsung lebih lama. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya.

iPhone

 

2 dari 3 halaman

Aktifkan Mode Pesawat

5. Aktifkan Mode Pesawat

Langkah lain yang bisa dilakukan agar pengisian daya berlangsung lebih cepat adalah mengaktifkan mode pesawat alias airplane mode.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, kegiatan yang menggunakan frekuensi radio seperti data seluler, WiFi, dan Bluetooth tak bisa dilakukan. Jika ini dilakukan, baik panggilan, pesan maupun notifikasi tak bisa masuk ke iPhone. Meski begitu, hal ini mempercepat proses pengisian daya.

Mengaktifkan airplane mode pada ponsel (sumber: CNET)

6. Pastikan Tak Ada Kotoran di Port Lightning iPhone

Kadang kita seringkali tidak sadar bahwa port iPhone tertutup oleh debu, serat, atau kotoran lainnya. Walaupun penyumbatnya kecil, tentu ini bisa mempengaruhi kinerja pengisian daya.

Oleh karenanya, pastikan untuk membersihkan lubang atau port di iPhone kamu dengan sangat hati-hati.

Bagian bawah bodi Luna dan iPhone 6. Liputan6.com/Iskandar

(Tin/Ysl)

 

Artikel Selanjutnya
Smartphone Tak Mau Terisi Daya, Coba 6 Trik Ini
Artikel Selanjutnya
12 Cara Ampuh Membuat Baterai Smartphone Awet