Sukses

Gantikan Latitude, Google Hadirkan Aplikasi Pelacak Lokasi

Aplikasi ini dibuat agar keluarga atau kerabat dapat melacak atau dilacak lokasinya. Tujuannya, untuk memastikan keadaan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Google kini merilis aplikasi Trusted Contacts untuk melacak lokasi orang terdekat si penggunanya. Tujuannya adalah memastikan kamu atau mereka dalam keadaan aman dan tetap terhubung. 

Dilansir Tech Times, Selasa (6/12/2016), aplikasi ini sebetulnya merupakan subtitusi dari Latitude. Fungsinya sama, yakni dapat melacak orang-orang terdekat. Sayangnya, Google menutup aplikasi ini pada 2013 lalu. 

Trusted Contacts menawarkan kemampuan untuk dapat melacak atau dilacak, serta berkomunikasi dengan orang terdekat. Dalam kondisi darurat, kamu dapat memastikan keluargakamu dalam keadaan aman.

"Meskipun kamu naik gunung atau berjalan sendirian saat malam, terkadang kamu ingin ada seseorang yang menjaga dan memastikan kamu aman," ujar Google. 

Di aplikasi ini, kamu dapat menambahkan kontak yang kamu ingin bagi lokasinya di aplikasi tersebut. Di situasi darurat, misalnya, aplikasi ini akan mengecek informasi dengan meminta respon dengan mengirimkan lokasi.

Jika kamu tidak merespon dalam 5 menit, Trusted Contacts otomatis akan membagikan lokasi terkini ke kontak yang sudah terotorisasi. Aplikasi ini tetap mengirimkan lokasi terakhirmu jika ponselmu mati.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.