Sukses

Netizen Indonesia Cuitkan 4,1 Miliar Tweet Sepanjang 2016

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia dikenal sangat aktif di media sosial. Dalam smartphone mereka bahkan bisa terpasang lebih dari dua aplikasi media sosial, mungkin Twitter salah satunya.

Keaktifan pengguna smartphone Indonesia dalam dunia maya ini dibuktikan dengan jumlah tweet yang dicuitkan oleh pengguna di Tanah Air.

Country Business Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong mengatakan, jumlah cuitan orang Indonesia selama Januari hingga Desember 2016 mencapai 4,1 miliar tweet.

"Pengguna indonesia seberapa aktif? Bayangkan, selama 2016, jumlah cuitan 4,1 miliar tweet dari pengguna di Indonesia. Indonesia termasuk yang paling aktif dan itu masif, banyak riset dilakukan oleh pihak ketiga menyebut bahwa Indonesia adalah negaranya Twitter. (Jumlah tweet) Indonesia paling banyak sedunia dalam satu tahun," kata Roy yang ditemui Tekno Liputan6.com di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Meski tak menyebut jumlah pengguna di Indonesia, Roy mengatakan bahwa jumlah pengguna aktif Twitter Indonesia mencapai 77 persen dari seluruh pengguna di dunia. Tak segan, ia pun menyebut warganet Indonesia paling cerewet sedunia. 

Dari jumlah total pengguna, Roy mengungkap bahwa 76 persen merupakan pengguna milenial dengan usia 18-35 tahun. "Mereka itu core user kami," tuturnya.

Bukan itu saja, Roy mengatakan saking aktifnya pengguna Twitter, presentasi cuitan per hari di Twitter Indonesia meningkat 10 persen sejak Ramadan lalu.

"Kami memang tidak pernah mengukur dari jumlah pengguna, karena dari awal yang diukur adalah bagaimana orang aktif di Twitter. Sebab, nantinya pertumbuhan itu akan meningkat secara alami," tutur Roy.

Ia mencontohkan, dengan banyaknya cuitan lambat laun orang akan mengetahui bahwa Twitter memberikan informasi menarik hingga akhirnya mereka ikut bermain Twitter.

"Apa yang kami lakukan, orang percaya bahwa itu adalah manfaat dan kegunaan Twitter. Mereka akan kembali menggunakan Twitter," ujarnya.

Tak cuma itu, dengan banyaknya produk lain yang diluncurkan Twitter seperti gif, polling, periscope langsung dari aplikasi, hingga reply yang tak mengurangi karakter, ikut membuat pengguna makin setia pada Twitter.

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
8 Akun Online Pengguna Indonesia yang Paling Bernilai
Artikel Selanjutnya
Menikah Jadi Resolusi 2017 Pengguna Twitter Indonesia