Sukses

Tak Ada Kompensasi Tambahan untuk Pemilik Galaxy Note 7

Samsung menegaskan tidak akan memberikan kompensasi tambahan untuk sejumlah pemilik Galaxy Note 7.

Liputan6.com, Korea Selatan - Samsung menegaskan tidak akan memberikan kompensasi tambahan untuk sejumlah pemilik Galaxy Note 7, yang mengajukan gugatan kelompok terhadap perusahaan. Sejumlah konsumen memutuskan menuntut Samsung berdasarkan beragam alasan di Korea Selatan (Korsel).

Meski sejumlah laporan dan survei mengklaim penarikan Galaxy Note7 sudah mencederai merek Samsung di level global, hal itu tidak menyurutkan keputusan sejumlah konsumen melakukan gugatan. Ada sekira 2.400 konsumen yang mengajukan gugatan.

Masing-masing konsumen menuntut Samsung memberikan kompensasi sebesar US$ 428 atau setara Rp 5,7 juta (Rp 13.375 per US$ 1).

Mereka diduga kesal karena harus mengunjungi toko, setidaknya sebanyak empat kali untuk mengganti Galaxy Note 7. Demikian seperti dikutip dari laman Softpedia, Sabtu (24/12/2016)

Menanggapi gugatan itu, Samsung tidak bersedia memberikan kompensasi apa pun selain yang telah ditawarkan selama proses penukaran. Perusahaan mengatakan kepada pengadilan di Seoul, Korsel, pihaknya sudah memberikan kompensasi dan keuntungan yang maksimal untuk konsumen.

Samsung juga menyatakan telah menghabiskan sekira US$ 8,6 miliar atau setara Rp 115 triliun untuk sepenuhnya mengganti kerugian pemilik Galaxy Note 7.

Jika pengadilan mengabulkan gugatan, menurut Samsung hal itu akan membuat penarikan produk secara sukarela, preventif, dan aktif di masa depan menjadi tidak mungkin.

Sejauh ini, Samsung telah memberikan kompensasi kepada pemilik Galaxy Note 7 di Korsel. Semua yang telah membeli dan mengembalikan unit produk mereka di Korsel, akan mendapatkan diskon 50 persen saat membeli Galaxy S8 atau Galaxy Note 8 pada tahun depan.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini