Sukses

Peeqo, Robot yang Bisa Ngobrol Pakai Gambar GIF

Robot tersebut akan membalas percakapan dengan menampilkan gambar GIF sesuai dengan topik. Seru, bukan?

Liputan6.com, New York - Robot biasanya diciptakan untuk menyelesaikan masalah, atau membantu aktivitas sehari-hari manusia. Akan tetapi, definisi tersebut tidak berlaku bagi pria yang satu ini.

Ya, pria yang brnama Abhisek Singh itu menciptakan sebuah robot sekadar untuk hiburan. Robot DIY tersebut ia namai "Peeqo" dan sempat dipamerkan di media sosial Reddit.

Menariknya, Peeqo diklaim unik, berbeda dari robot-robot lain kebanyakan. Robot ini bisa berkomunikasi dengan menampilkan gambar GIF.

Wujudnya tidak berbentuk seperti robot pada umumnya. Peeqo hanya memiliki fisik seperti layar komputer kecil, dengan gambar sepasang kacamata sebagai wajahnya.

Singh mengatakan, Peeqo diciptakan menggunakan Raspberry Pi dengan beberapa komponen. Ia memanfaatkan micro-controller Arduino Mini, empat microphone, perangkat servo motor, sebuah kamera, speaker USB, dan layar LCD yang nantinya akan menampilkan gambar GIF.

"Saya pikir membuat Peeqo mudah. Ini semacam DIY (Do It Yourself) dan tidak membutuhkan perangkat yang berat," kata Singh sebagaimana dilansir The Next Web, Sabtu (10/12/2016).

"Saya membuat Peeqo tujuannya untuk iseng-iseng saja. Sempat berpikir, seperti apa jika Amazon Echo (speaker pintar buatan Amazon, red.) dengan karakter Disney digabung? Jadilah Peeqo," ia melanjutkan.

Singh menambahkan, Peeqo memanfaatkan teknologi voice recognition dari Google Speech API dan API.ai untuk mendengarkan suara manusia dan menyediakan gambar GIF berdasarkan instruksi suara.

"Tak cuma itu, ia juga menjadi perangkat entertainment, bisa menyalakan musik yang kamu inginkan," paparnya.

Karena Peeqo hanya robot DIY, Singh tidak berniat untuk menjualnya di Kickstarter. Menurutnya, robot semacam ini hanya digunakan untuk keperluan hiburan semata.

"Sejauh ini, Peeqo cuma digunakan untuk bahan lelucon. Saya cuma ingin orang-orang di sekitar merasakan bagaimana sensansinya ngobrol dengan robot terus dibalas dengan gambar GIF. Pasti seru, meski kebanyakan jengkel juga," ceplosnya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini