Sukses

Tips Belanja Online Cerdas dan Aman Saat Harbolnas

Liputan6.com, Jakarta Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang menawarkan diskon bersa-besaran akan dimulai pada 12 Desember hingga 14 Desember 2016. Lebih dari 200 eCommerce di Indonesia berpartisipasi memeriahkan pagelaran ini.

Masing-masing eCommerce akan memberikan penawaran dan diskon menarik kepada para konsumen Indonesia, khusus untuk periode Harbolnas 2016. Bagi kamu yang suka berbelanja online, tentunya tidak akan melewatkan momen ini begitu saja.

Agar belanja lebih mengasyikan, berikut ini 10 tips belanja online dengan cerdas dan aman dari Blibli.

1. Selalu menggunakan password yang tidak mudah ditebak, gunakan kombinasi-kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter.

2. Hindari password berisikan data personal seperti tanggal, bulan dan tahun lahir, nama panggilan, alamat rumah dan sejenisnya.

3. Ubah password secara berkala.

4. Gunakan password yang berbeda antara kebutuhan sosial media versus untuk transaksi.

5. Berbelanja di situs-situs yang sudah jelas, ternama dengan informasi Customer Care yang mudah dijangkau.

6. Perhatikan URL dari situs belanja online dari mulai masuk hingga transaksi pembayaran. Pilih yang menggunakan HTTPS* dengan indikasi, barnya berwarna hijau. (*catatan: HTTPS merupakan sebuah protokol yang mengenkripsi data Anda sehingga semua aktivitas di website tidak bisa dibaca oleh orang lain.)

7. Jangan berbagi data pribadi dan finansial Anda pada siapa pun.

8. Manfaatkan penawaran yang diberikan sebaik mungkin. Dari mulai Cashback 100%, Flash Deals, metode cicilan dari kartu kredit bank-bank terkemuka, hingga pengiriman gratis yang bisa dinikmati.

9. Membaca secara teliti persyaratan yang berlaku pada setiap penawaran, jangan terkecoh judul promonya saja.

10. Membaca dengan teliti ringkasan transaksi yang dilakukan sebelum menyelesaikannya.

Sebagai informasi, Blibli belum lama ini menggelar promo MyBigWish 11 pada 11 November 2016. Pada ajang ini terjadi peningkatan pengunjung hingga 3,5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata Year to Date (YTD) 2015. Ditambah perolehan penjualan 14 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata YTD di Blibli.

"Pengunjung tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja, tetapi hingga Papua. Pada promo My Big Wish 11, 11 mall online kami sudah diserbu pengunjung dari mulai dini hari pukul 00.00 WIB," ujar Chief Executive Officer (CEO) Blibli Kusumo Martanto

(Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Trik Traveling yang Brilian Ini Patut Dicoba
Artikel Selanjutnya
5 Bahaya Mengintai Kamu Saat Gunakan WiFi Gratis