Sukses

5 Fitur Keren Instagram Ini Wajib Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang setia menggunakan Instagram, 2016 merupakan tahun yang luar biasa bagi aplikasi berbagi foto dan video singkat milik Facebook ini hadirkan beragam fitur baru lewat pembaruan selama beberapa bulan belakangan ini.

Dari fitur zoom saat melihat foto hingga iklan yang lebih interaktif, berikut adalah fitur terbaik di Instagram yang tidak boleh kamu lewatkan:

1. Zoom (31 Augustus)

Setelah 6 tahun ditunggu, Instagram akhirnya resmi memperkenalkan fitur dimana penggunanya bisa memperbesar foto di lini masa dengan hanya perlu "mencubit" atau menggunakan dua jari tangan pada layar smartphone.

Kamu tinggal menggeser jari mendekat atau merapat untuk memperbesar, mengecilkan, atau menjauhkan gambar.

2. Save Draft (30 September)

Sebelumnya, kamu harus meng-upload ulang foto yang akan diposting bilamana tak sengaja tekan tombol 'back' di aplikasi. Kini, lewat fitur 'Save Draft' seluruh foto atau video yang akan di-upload akan tersimpan secara otomatis. Namun, fitur ini hanya berlaku pada foto atau video yang sudah di edit atau diberi caption terlebih dahulu.

3. Story Tricks (10 November)

Selain memperkenalkan Instagram Story, Instagram mempercantik fitur yang memungkinkan pengguna membagikan semua momen keseharian ini dengan Boomerang. Dengan Boomerang, pengguna dapat menampilkan rangkaian foto yang unik dan menarik untuk dipamerkan.

Selain itu, kamu kini dapat menandai (tag) orang-orang dalam ceritamu, seperti yang dilakukan pada caption foto dengan menambahkan ikon @ sebelum nama. Orang yang ditandai akan menerima notifikasi dalam pesan pribadi saat membuka aplikasi, seperti yang dikutip dari laman CNET, Rabu (14/12/2016).

4. Disappearing Messages (November 21)

Lewat pembaruan belakangan ini, Instagram makin terasa seperti Snapchat. Tak cukup menambahkan fitur Stories, Instagram perkenalkan fitur Disappearing messages.

Selesai membuat Story, kamu bisa ketuk panah yang ada di kanan bawah layar dan pilih satu atau lebih teman di Instagram untuk menerima pesan.

Seperti di Snapchat, pesan yang diterima teman Instagram kamu akan menghilang dalam kurun waktu 24 jam.

Selain itu, Instagram baru saja menghadirkan update yang menampilkan notifikasi bilamana ada seseorang yang men-screenshot foto kamu melalui pesan pribadi.

5. Live Video (SEGERA)

Selain 4 fitur yang sudah bisa dinikmati saat ini, kabarnya Instagram sedang mengembangkan fitur live video dari akun layaknya di Facebook Live atau Periscope.

Menurut situs resmi Instagram, kamu akan dapat menyiarkan video secara langsung dari halaman Story utama dengan menggeser ke kanan dari feed, dan klik tombol Live di bagian bawah layar untuk memulai siaran langsung.

Saat siaran langsung, kamu akan ditampilkan informasi siapa saja yang sedang menonton di bagian kanan atas layar, lengkap dengan komentar dan reaksi di bawahnya.

Kamu pun dapat menambahkan komentar sendiri atau mematikan komentar sepenuhnya dengan memilih opsi di layar.

(Eronika Dwi Pinara/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram
Artikel Selanjutnya
Tren Makeup Glitter di Lidah, Berani Coba?