Sukses

Wawancara: Siapp.id Tawarkan Ulasan Aplikasi Netral dan Kredibel

Liputan6.com, Jakarta - Ulasan (review) dan penilaian (rating) yang diberikan pengguna terhadap suatu aplikasi, adalah dua dari sejumlah pertimbangan bagi mereka yang hendak mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut. Setidaknya, ulasan dan penilaian merupakan gambaran umum bagaimana performa dan kualitas aplikasi itu.

Namun, tidak semua ulasan yang diberikan pengguna bersifat netral. Kadang-kadang, ada saja pengguna yang memberi ulasan dan penilaian buruk seenaknya, hanya gara-gara masalah kecil yang ia alami ketika menggunakan aplikasi tersebut. Atau, ada pula pengguna yang memang 'pelit' memberi ulasan dan penilaian positif.

Dalam hal ini, kehadiran pengulas (reviewer) netral sekaligus kredibel, bisa menjadi sebuah solusi. Baik di Indonesia maupun di luar negeri, kehadiran pengulas sebetulnya bukan barang baru. Sejumlah influencer, blogger, dan media melakukan ulasan terhadap aplikasi, tapi mereka tidak secara spesifik bertindak sebagai pengulas aplikasi. Nah, untungnya saat ini Siapp.id hadir untuk memainkan peran tersebut.  

Siapp percaya pada kekuatan aplikasi untuk meningkatkan nilai manfaat dari sebuah gadget. Situs ini dirancang agar bisa menjadi app discovery platform, untuk menemukan karya-karya aplikasi yang bermanfaat sesuai kebutuhan pengguna.

Review aplikasi kami dilakukan secara jujur dengan penilaian masing-masing reviewer, baik yang memiliki keahlian di bidang tertentu (Expert Reviewer) maupun pengguna aplikasi (User Reviewer). Kami berusaha untuk selalu memberikan gambaran menyeluruh mengenai sebuah aplikasi, terutama dari segi kegunaannya dan kemampuannya untuk 'bersaing' di tingkat global.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk berbincang-bincang denga Firman Nugraha, Chief Editor Siapp.id. Pria yang juga menjalankan startup media seputar teknologi ini tak segan untuk bercerita banyak hal tentang Siapp.id dan aplikasi-aplikasi besutan pengembang lokal saat ini. Simak perbincangan kami selengkapnya berikut ini.

Beberapa Aplikasi yang telah diulas Siapp

Apa latar belakang pendirian Siapp.id?

Siapp.id didirikan karena kami melihat aplikasi lokal masih kurang begitu dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Selain itu juga karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui aplikasi-aplikasi yang bisa bermanfaat untuk mereka.

Bagaimana kredibilitas expert reviewer di Siapp.id?

Para expert reviewer di Siapp.id sudah lama berkecimpung di dunia gadget dan aplikasi. Selain itu juga beberapa dari mereka aktif menulis di media-media online sehingga kredibilitas mereka bisa diakui.

Bisakah pihak selain expert reviewer menuliskan ulasannya di Siapp.id?

Bisa, tetapi untuk saat ini fitur ulasan oleh umum sedang dalam tahap pengembangan.

Apakah hasil ulasan juga diberitahukan kepada pengembang aplikasi yang bersangkutan?

Untuk saat ini tidak.

Kalau pengembang keberatan dengan hasil ulasan di Siapp.id, bagaimana?

Keberatan tidak apa-apa, tetapi ulasan yang sudah masuk di Siapp.id tidak bisa diganggu gugat selama ulasannya tidak melanggar aturan internal Siapp.id seperti menyinggung SARA atau pembohongan fakta.

Kami lihat, aplikasi-aplikasi yang diulas masih sebatas aplikasi lokal yang memang sudah cukup terkenal. Apakah ada rencana menyasar aplikasi-aplikasi yang baru dan memang jarang atau belum pernah diulas?

Saat ini di awal-awal kami memang menargetkan aplikasi lokal yang sudah cukup terkenal. Ke depannya kami akan mencari-cari aplikasi lokal menarik yang masih jarang diketahui oleh orang sehingga aplikasi yang tadinya tidak banyak diunduh, angka unduhannya bisa terbantu naik.

Bisakah pengembang meminta aplikasinya diulas oleh Siapp.id?

Bisa, caranya dengan mengirim email yang memperkenalkan aplikasi beserta pengembangnya ke halo@siapp.id

Punya target berapa aplikasi yang akan diulas dalam jangka waktu tertentu?

Akhir tahun ini rencananya Siapp.id dapat menghasilkan minimal 1 ulasan aplikasi setiap hari Senin hingga Jumat.

Apakah Siapp.id sudah atau akan menjalin kerja sama dengan pihak tertentu? Kalau iya, dengan pihak mana dan seperti apa bentuk kerja samanya?

Untuk saat ini kerja sama yang sudah dilakukan adalah dengan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sebagai mitra resmi. Kami mengulas karya-karya hasil peserta gerakan tersebut.

Kami cek, per Senin (5/12/2016) pukul 14.30 WIB, Siapp.id sudah mengulas 100 aplikasi. Merujuk pada ulasan yang telah dilakukan, bagaimana pandangan Siapp.id terhadap aplikasi lokal?

Aplikasi lokal kini sudah makin banyak dan bervariatif jenisnya, mulai dari aplikasi jenis gim, aplikasi yang membantu pekerjaan, hingga aplikasi kesehatan. Kualitasnya pun banyak yang tidak kalah dengan aplikasi buatan luar negeri.

Namun begitu ada beberapa aplikasi yang sebetulnya kualitasnya bagus, tetapi belum banyak penggunanya. Oleh karena itu melalui Siapp.id kami ingin membantu mereka meraih lebih banyak pengguna.

Punya prediksi, aplikasi semacam apa yang akan menjamur di 2017?

Gim tentu akan terus menjamur di ranah aplikasi. Selain gim, prediksi saya untuk lokal adalah aplikasi seputar keuangan pribadi, edukasi anak-anak, dan pemrosesan foto.

Apa harapan Anda terhadap pengembang lokal?

Harapan saya adalah aplikasi buatan pengembang lokal mendapat lebih banyak pengguna dan makin sering mengalahkan aplikasi-aplikasi buatan pengembang luar negeri. Selain itu juga diharapkan para pengembang lokal bisa meraih pendapatan memadai agar perusahaan mereka dapat terus hidup dan berkarya.

Di luar Siapp.id, kalau tidak salah, Anda juga adalah co-founder TeknoJurnal dan advisor Gadgetren. Bagaimana perkembangan keduanya hingga saat ini?

TeknoJurnal saat ini masih terus dikembangkan dan menyajikan informasi seputar teknologi dan pengembangan aplikasi. Adapun Gadgetren yang fokus ke gadget dan teknologi, bisa dibilang menarik. Walaupun umurnya masih muda (sekitar 1 tahun), kini sudah meraih pembaca bulanan lebih dari 1 juta orang.

Ada hal lain yang ingin Anda sampaikan?

Siapp.id terbuka untuk kerja sama dengan berbagai pihak karena misi kami adalah agar masyarakat Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan serta membantu pengembang lokal. Untuk mempercepat pencapaian misi tersebut, akan lebih mudah jika kami bergerak bersama-sama dengan pihak-pihak lain.

Selain itu saat ini kami sedang melakukan pembaruan teknis web Siapp.id sehingga dalam waktu dekat akan ada beberapa perubahan dan fitur baru di situsnya.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler