Sukses

Aplikasi Pesan Instan Buatan Rusia Ini Rilis Fitur Baru

Liputan6.com, Jakarta - Telegram kembali merilis fitur baru. Kali ini, salah satu aplikasi pesan populer tersebut merilis sejumlah fitur baru sekaligus, untuk perangkat iOS dan Android.

Dilansir Phone Arena, Selasa (13/12/2016), Telegram versi 3.15 kini memiliki fitur pin, sehingga pengguna bisa menandai chat penting dan menempatkannya di urutan teratas daftar chatting.

Penggunaan fitur ini cukup mudah yaitu cukup tekan agak lama pada kolom chat jika menggunakan perangkat Android, atau geser ke kiri kolom chat untuk iOS, nanti akan muncul keterangan "pin" dan pengguna bisa langsung mengklik opsi tersebut. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk 5 chat saja.

Selain itu, mulai kini pengguna bisa menghubungkan akun Telegram dengan lebih dari 360 layanan lain berkat kehadiran fitur integrasi "If This Then That" (IFTTT). Fitur ini bekerja dengan banyak jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram, serta layanan lain seperti Gmail, Spotify, Pinterest, dan Dropbox.

Pada dasarnya, pengguna bisa mengontrol layanan lain melalui Telegram atau menerima notifikasi, serta konten seperti foto dan video ketika mereka melakukan sesuatu hal. Salah satu contoh sederhana, melalui integrasi IFTTT, setiap kali pengguna di-mention di Twitter, maka tweet tersebut akan dikirim ke Telegram.

Dalam sesi peluncuran fitur baru kali ini, Android mendapatkan porsi lebih banyak. Selain kedua fitur tersebut, Android juga mendapatkan sejumlah fitur baru lain.

Telegram meluncurkan pembaruan untuk editor foto sehingga kini pengguna perangkat Android bisa memutar foto mereka hingga beberapa derajat. Selain itu, juga ada fitur "Picture-In-Picture, yang memungkinkan pengguna tetap bisa chatting sambil menonton video YouTube.

Terakhir, pengguna Android kini bisa meneruskan pesan dan media dari Cloud Chat dan Channel ke Secret Chat.

Meski meluncurkan serangkaian fitur baru, Telegram tampaknya masih memiliki kejutan lain untuk para penggunanya.

"Kami tahu, banyak dari kalian sedikit kecanduan dengan pembaruan Telegram dan terus meminta yang lain. Kami senang dengan hal tersebut. Nantikan untuk lebih banyak pembaruan pada Desember ini," tulis tim Telegram di blog resmi mereka.

(Din/Cas)

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik