Sukses

Ketahui 5 Hal Ini Agar Belanja Aman dan Nyaman Saat Harbolnas

Agar pengalaman berbelanja kamu lebih aman dan nyaman saat Harbolnas berlangsung, 5 hal ini wajib kamu ketahui

 

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tak sabar berbelanja online? Eit, sebaiknya kamu bersabar dulu karena Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan segera dimulai besok hingga 14 Desember mendatang. 

Di ajang tahunan ini, Harbolnas diikuti oleh berbagai macam e-Commerce, mulai dari marketplace hingga toko jual beli online, dengan beragam program potongan harga yang fantastis. 

Kamu mungkin sudah tergiur dengan promo-promo menarik tersebut. Tapi tunggu dulu, sebelum berbelanja, ada baiknya kamu mengetahui 5 hal ini. Tujuannya agar pengalaman berbelanja lebih aman dan nyaman.

Yuk simak ulasannya sebagaimana dirangkum oleh tim Tekno Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (11/12/2016) berikut ini: 

1. Belanja di Situs Terpercaya

Pastikan kamu berbelanja di situs online resmi dan terpercaya, jangan di situs online abal-abal. Dengan berbelanja di situs terpercaya dan memiliki reputasi baik, keamanannya lebih terjamin.

Dengan begitu, pengalaman berbelanja kamu juga akan lebih nyaman. Jangan tergiur dengan promo-promo bertebaran dari situs online yang tidak jelas. 

2. Cek URL

Perhatikan alamat URL e-Commerce yang kamu jadikan destinasi berbelanja. Jika terdapat kata "https" dan ikon gembok, artinya situs online tersebut aman. Https memiliki protokol keamanan yang mengenkripsi data atau informasimu sehingga dapat terlindungi.

Waspada dan berhati-hati apabila kamu berbelanja di situs online yang alamat URL-nya tidak memiliki URL demikian. Bisa jadi itu merupakan situs palsu, sistem keamanannya pun diragukan.

3. Teliti dengan Harga Promo

Biasakan teliti membaca harga promo. Jangan langsung terbuai dengan program diskon puluhan persen yang tertera di produk.

Jika menurutmu harga sebelum atau sesudah didiskon tak masuk akal, baiknya kamu hentikan niat membeli. Kalau perlu, lakukan perbandingan di toko-toko online sejenis yang juga berpatisipasi di Harbolnas.

4. Baca Seksama Persyaratannya

Selain membaca harga promo, kamu juga harus teliti membaca persyaratan (terms and conditions) program promonya. Terkadang, setiap program memiliki persyaratan tertentu, seperti diskon berlaku jika pembeli berbelanja maksimal Rp 300.000. Contoh lainnya, promo hanya berlaku di jam-jam tertentu atau berlaku dengan kartu kredit saja.

5. Siapkan Kuota Internet

Yang terpenting jangan sampai kuota internetmu habis ketika kamu berbelanja online. Pastikan kuota internetmu cukup untuk menjelajahi berbagai macam situs belanja online. 

Selamat berbelanja!

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini