Sukses

Xiaomi Resmi Perkenalkan Skuter Listrik Perdana ke Publik

Xiaomi membekali skuter listrik ini dengan sejumlah fitur yang membantu kebutuhan pengguna

Liputan6.com, Beijing - Teka-teki mengenai kendaraan listrik anyar dari Xiaomi yang rilis menjelang akhir tahun terjawab sudah. Hal itu dipastikan setelah perusahaan tersebut memperkenalkan Mi Electric Scooter pada publik di Tiongkok.

Skuter yang hadir dalam dua pilihan warna, hitam dan putih ini merupakan bagian dari platform pendanaan di Tiongkok, yakni MIJIA. Mi Electric Scooter memiliki bodi berbahan aluminium alloy yang bisa dilipat.

Dikutip dari BGR, Selasa (13/12/2016), skuter listrik ini akan mulai tersedia untuk pasar Tiongkok pada 15 Desember. Adapun banderol harga untuk produk ini adalah 1.999 yuan atau sekitar Rp 3,8 juta.

Menurut Xiaomi, skuter listrik ini bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 25km/jam. Desain kendaraan ini dibuat ringkas yang memungkinkan pengguna untuk melipatnya.

Mi electric Scooter didukung baterai lithium 280Wh besutan LG, yang mampu menempuh perjalanan hingga 30km. Fitur lain yang juga hadir pada skuter ini adalah lampu utama, lampu peringatan berwarna merah, dan empat indikator LED untuk indikator daya. 

Skuter listrik ini juga didukung sistem pengereman ganda. Jadi, roda depan skuter menggunakan E-ABS anti-lock system, sedangkan roda belakang memakai pengeraman cakram mekanis.

Xiaomi juga menghadirkan aplikasi smartphone untuk mendukung penggunaan skuter listrik ini. Aplikasi yang terhubung dengan Bluetooth itu dapat digunakan untuk melacak kebiasaan bersepeda pengguna, kecepatan perjalanan, daya yang tersisa, dan intensitas sistem pemulihan daya.

Fitur lain yang juga dihadirkan pada skuter listrik ini adalah fungsi perjalanan dengan kecepatan tetap. Melalui algoritma yang ada, skuter dapat membaca sinyal dari sensor kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi sekitar, sehingga kendaraan dapat berjalan secara otomatis.

Kehadiran Mi Electric Scooter kian menegaskan upaya Xiaomi untuk memperkokoh citra sebagai perusahaan teknologi, tak sekadar ponsel. Sebelumnya, perusahaan tersebut juga telah meluncurkan sepeda listrik dan mini segway pada tahun lalu.

Pada pertengahan tahun ini, Xiaomi juga memperkenalkan sepeda lipat bernama Mi QiCycle Electric Folding Bike yang memiliki tampilan seperti sepeda biasa, tapi dengan beragam kelengkapan fitur.

Lewat aplikasi khusus, pengguna dapat mengetahui jarak, kecepatan, lokasi GPS, dan kalori yang terbakar ketika memakai Mi QiCycle.

Sementara pada Oktober 2015,  Xiaomi juga merilis kendaraan roda dua bernama Ninebot Mini. Kendaraan serupa Segway ini juga dibekali dengan aplikasi smartphone companion yang memudahkan pengguna mengontrol kendaraan melalui ponsel.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.