Sukses

5 Penyebab Baterai iPhone Sering Drop

Liputan6.com, Jakarta - Baterai memang menjadi isu utama di setiap smartphone, tak terkecuali iPhone. Seringkali pengguna mengeluh, iPhone yang dipakai cukup boros baterai. Padahal, mereka rajin mengisi baterai dan melepasnya secara 'on time' ketika penuh.

Namun perlu diketahui, daya tahan baterai iPhone yang sering melemah diakibatkan sejumlah faktor yang mungkin kamu tidak sadari.

Apa saja penyebab-penyebab itu? Merangkum informasi Business Insider, Jumat (16/12/2016), berikut ulasannya.

1. Menggunakan iPhone di Suhu Ekstrem

Menggunakan iPhone dalam suhu yang ekstrem ternyata dapat mengurangi daya tahan baterai.

Jika kamu menggunakan iPhone dalam lingkungan dengan suhu lebih dari 35 derajat celsius atau kurang dari 0 derajat celsius, risiko kerusakan baterai iPhone akan meningkat.

Bahkan, jika pengguna memakai iPhone dalam suhu rata-rata 25 derajat celsius per tahun, daya tahan baterai akan berkurang sebanyak 20 persen.

2. Menunggu Baterai Hingga 0 Persen

Jika kamu berpikir iPhone harus segera di-charge ketika baterai sudah di angka 0 persen, kamu salah.

Menunggu baterai iPhone hingga 0 persen sangat tidak disarankan. Setidaknya, charge iPhone milikmu ketika baterai berada di bawah angka 50 persen atau paling rendah di 28 persen.

1 dari 2 halaman

Layar iPhone hingga Tingkat Kecerahan

3. Membiarkan Layar iPhone Menyala Terus

Hal ini dinilai 'wajar', terlebih bagi pengguna iPhone yang sibuk dan teledor. Padahal, membiarkan layar iPhone terus menyala berisiko mengurangi daya tahan baterai secara ekstrem.

Matikan layar iPhone ketika saat tidak digunakan, atau jika kamu termasuk pengguna aktif, kurangi tingkat kecerahan layar agar tidak mengkonsumsi baterai.

4. Menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth Terus Menerus

Mengaktifkan kedua koneksi nirkabel ini juga sangat memakan daya baterai iPhone. Biasanya, fitur ini digunakan saat mengirim dokumen atau mengaktifkan fitur Personal Hotspot.

Matikan kedua fitur ini jika kamu tidak menggunakan koneksi nirkabel.

5. Mengatur Tingkat Kecerahan Hingga 100 Persen

Coba kembali atur tingkat kecerahan iPhone-mu agar tidak terlalu terang. Hindari memaksimalkan tingkat kecerahan hingga 100 persen karena dapat memakan daya tahan baterai dalam porsi yang banyak.

Untuk mengakalinya, kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Brightness untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Charger Nirkabel iPhone 8 Bakal Dijual Terpisah?
Artikel Selanjutnya
Desain iPhone 8 Bocor Gara-Gara McDonald's?