Sukses

Ahok Duduki Pencarian Terpopuler di Google Sepanjang 2016

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengumumkan kategori utama penelusuran terpopuler, Google Indonesia juga mengumbar beberapa kategori yang paling banyak dicari netizen Indonesia di sepanjang 2016. Di antaranya ada tokoh, selebritas, hingga produk teknologi.

Menariknya, dalam kategori tokoh yang disorot pemberitaan, sosok Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menduduki posisi teratas pencarian terpopuler di Google.

Setelah Ahok, menyusul Sri Mulyani di posisi kedua dan Buni Yani di posisi ketiga. Kemudian diikuti Wayan Mirna Salihin, Nusron Wahid, Agus Yudhoyono, Tito Karnavian, Fahri Hamzah, Irman Gusman, dan Arcandra Tahar.

Pencarian Ahok meningkat usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus diduga penistaan agama, sedangkan Buni Yani juga dicari karena berkaitan dengan kasus Ahok. Sri Mulyani sendiri mendominasi jajaran pencarian terpopuler saat dirinya ditunjuk kembali menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia beberapa bulan yang lalu.

Selain tokoh, kategori lain yang tak kalah populer adalah peristiwa nasional dan internasional. Untuk peristiwa nasional, Bom Sarinah menduduki peringkat pertama. Menyusul Gafatar, Kasus Dimas Kanjeng, Harga Rokok, Kasus Yuyun, Kasus Gatot Brajamusti, Teman Ahok, Penyergapan Santoso, Reshuffle Kabinet dan Tax Amnesty.

Sementara, Panama Papers memuncaki posisi pencarian terpopuler pada kategori peristiwa internasional. Setelahnya, menyusul Supermoon, Virus Zika, Kudeta Turki, Brexit, Pemilu Amerika, Penembakan Orlando, Bom Madinah, Flu Singapura dan Piala Oscar 2016.

Untuk kategoril selebritas, Saipul Jamil menduduki posisi teratas. Dilanjutkan Song Joong Ki, Awkarin, Alan Walker, Istri Aming, Isyana Sarasvati, Putri Titian, Gal Gadot, Rizky Febian dan Dawin. Terakhir untuk kategori teknologi, Samsung Z2 berada di posisi pertama. Adapun posisi selanjutnya diisi Line Webtoon, Joox Music, Oppo F1, Roblox, Netflix, Xiaomi Redmi 3, Smule, iPhone SE dan Vivo V5.

Year in Search sendiri merupakan acara rutin Google yang diadakan di setiap penghujung tahun. Tujuannya, untuk memberikan informasi tren pencarian apa yang paling tinggi di Indonesia. Untuk kategori utama penelusuran terpopuler secara menyeluruh, tiga posisi teratas ditempati oleh Pokemon Go, Gerhana Matahari dan Timnas Indonesia. Pada tahun lalu, Batu Akik, Go-Jek dan Kue Cubit menduduki tiga posisi puncak.

Google menyebut tren pencarian ini dengan istilah Micro Moments, yang mana merupakan sebuah momentum di mana netizen mengganggap ponselnya sebagai teman untuk bertanya apa pun. Karena itu, segala jenis pencarian terus memuncak karena mereka dimudahkan oleh Google yang ada di ponsel.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tagar #GombalinAhok Menggema di Linimasa Twitter
Artikel Selanjutnya
Weekly Highlights: World's Attention to Ahok's Blasphemy Case