Sukses

Asyik, Kini Steam Dukung Kontroler PlayStation 4

Liputan6.com, Jakarta - Valve pada salah satu sesi acara Steam Developer Day pada Oktober 2016, resmi mengumumkan application program interface (API) baru untuk kontroler DualShock 4.

Lewat pembaruan software, gamer yang memiliki kontroler PlayStation 4 (PS4) dapat memakainya untuk memainkan gim-gim PC via Steam.

Kini, pembaruan tersebut sudah dirilis dan Steam Configurator dapat mendukung PS4 Dual Shock Controller. Dilansir dari Polygon, Sabtu (17/12/2016), pengguna dapat mengaktifkan kemampuan tersebut melalui Add/Test Controller.

Saat diaktifkan, DualShock4 dapat digunakan untuk mengakses sejumlah dukungan konfigurasi atau kustomisasi layaknya kontroler Steam. Dukungan perubahan itu juga termasuk API native.

"Percaya atau tidak, ketika menggunakan DualShock4 dengan API Steam, persis sama seperti memakai Steam Controller," ujar salah seorang insinyur Valve Jeff Bellinghausen saat pengumuman API Steam di DualShock4. 

Melalui pembaruan sistem ini, DualShock4 dapat digunakan untuk beragam fungsi untuk menggantikan trackpad, gyro, keyboard, termasuk mouse. Selain itu, sejumlah perintah lain yang biasa dipakai menggunakan touch menus juga dapat difungsikan.

Sebagai informasi, langkah yang dilakukan Valve ini terbilang menarik. Sebab, lebih banyak gamer memilih kontroler Xbox ketimbang PlayStation untuk bermain gim di PC.

Untuk saat ini, baik Microsoft dan Sony memang telah mempermudah gamer untuk memainkan gim PC menggunakan kontroler konsol. Namun Microsoft sedikit lebih unggul karena telah memperkenalkan fitur cross-play yang berhasil menarik lebih banyak pengguna PC.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Google Pixel 2 Kembali Bocor di Internet
Artikel Selanjutnya
Pengguna Gear S3 Bisa Akses Spotify Secara Offline