Sukses

Jangan Dibanting, Ini Cara Sembuhkan Smartphone yang Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mengalami smartphone yang tiba-tiba hang dan dan berhenti selama beberapa saat atau bahkan menunggu untuk waktu yang lama agar bisa digunakan lagi?

Atau pernahkah saat bermain game yang seru, smartphone mendadak berhenti, namun waktu aktif kembali, game Anda sudah berakhir, pasti kaget dan kesal yang dirasakan.

Banyak lagi hal-hal lain yang terjadi saat menggunakan ponsel baik saat di tempat umum, di kantor atau ketika malam hari seperti sewaktu menelpon, mengirim email bahkan sewaktu chat di WhatsApp, smartphone lelet dan hang sehingga perasaan ingin membanting saja ponsel yang ada di tangan Anda.

iPhone 7 Plus mungkin adalah ponsel terbaik dalam hal kinerja, namun Anda tidak perlu khawatir untuk membuat ponsel Anda bisa bekerja seperti iPhone 7 plus yang jarang hang dan lelet.

Berikut ini ada beberapa tips yang yang dapat dilakukan untuk mempercepat kinerja ponsel Anda, seperti dilansir laman Lifehack, Kamis (15/12/2016):

1. Singkirkan gim lama yang sudah tidak dimainkan

Kita semua sudah pernah merasakan dan mengunduh permainan yang terkenal pada jamannya seperti Angry Birds atau Candy Crush, bahkan mungkin Anda sudah berada di level teratas. Tapi karena sayang, Anda tidak menghapusnya.

Gim-gim tersebut memang seru dan bisa membantu menyingkirkan stres, tapi Anda harus tahu ini justru menguras baterai dan ruang penyimpanan di smartphone Anda sehingga membuatnya jadi  tidak lucu lagi. Aplikasi game seperti ini dan aplikasi yang tidak perlu lainnya hanya akan menghabiskan daya baterai.

Meskipun Anda tidak memainkannya, tapi aplikasi ini akan terus berjalan, inilah yang menyebabkan ponsel sering hang dan lelet. Karenanya jangan menunggu lebih lama lagi, segera hapus gim-gim lama yang telah mengambil ruang di ponsel Anda dan buatlah ponsel  Anda seperti baru lagi.

 2. Sayangi ponsel Anda dengan selalu memperbarui software-nya

Sayangi dan cintailah ponsel yang Anda miliki dengan cara memperbarui software-nya. Terkadang salah satu momen terburuk dalam hidup adalah ketika kita membuka telepon dan membaca pesan yang ditakuti:

Ada satu pembaruan perangkat lunak yang tersedia. Apakah Anda ingin memperbaruinya sekarang?

iPhone baru saja perlu diperbarui dalam beberapa bulan, apalagi jenis smartphone biasa. Mengklik “Nanti” atau “Tidak saat ini” adalah pilihan yang sering diambil daripada harus memperbaruinya, karena hal ini akan memakan waktu.

Namun, sebaiknya mulai sekarang rajinlah memperbarui ulang perangkat, karena hal inilah yang akan tetap menjaga ponsel Anda berjalan dengan lancar sampai update berikutnya hadir.

 

1 dari 4 halaman

Matikan aplikasi


3. Matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan

Ambil telepon dan periksalah di latar belakangnya apakah ada aplikasi yang tidak digunakan namun masih berjalan. Biasanya saat Wi-Fi menyala, maka banyak aplikasi melakukan pembaruan sendiri tanpa diminta.

Saat sudah tidak menggunakan Wi-Fi lagi, segera non aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth, hal ini akan mempercepat kerja ponsel Anda, karena otomatis pembaruan yang tidak diminta juga akan berhenti sendiri.

4. Melakukan pembersihan ponsel secara berkala

Apakah Anda masih ingin melihat video ulang tahun sepupu lima tahun yang lalu atau masih membutuhkan meme-meme lucu yang disimpan sejak berbulan-bulan lamanya?

Jika sudah tidak membutuhkan dokumen atau gambar-gambar lama, sebaiknya hapus saja dari ponsel Anda.

Luangkan waktu sesekali untuk membersihkan  ponsel, mirip dengan apa yang Anda lakukan dengan laptop/desktop. Bahkan jika perlu hapus juga aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan. Dengan cara ini ponsel akan bisa bekerja lebih cepat dari biasanya.

 

2 dari 4 halaman

Ponsel harus istirahat



5. Berikan waktu bagi ponsel untuk beristirahat sejenak setiap harinya.

Jika Anda menggunakan waktu 24 jam setiap hari untuk terus mengaktifkan ponsel, sebaiknya ubah kebiasaan ini. Smartphone juga butuh beberapa waktu untuk beristirahat sejenak.

Bukan hanya  istirahat tidak digunakan ketika melakukan pengisian baterai saja, namun ponsel juga butuh “waktu tidur siang” seperti manusia sesekali, yang artinya off selama beberapa jam.

Jika ini dilakukan maka dapat mempercepat kinerja ponsel. Pernah melihat bagaimana koneksi internet lebih cepat setelah dimatikan untuk beberapa saat? Konsep ini sama seperti ketika Anda mematikan ponsel untuk sementara waktu.

6. Meriset ulang seperti bawaan pabrik

Jika memang ponsel Anda sudah berjalan sangat lambat, sebaiknya riset ulang ponsel seperti bawaan pabrik ketika Anda membelinya.

Itu berarti menyetel ulang dengan benar-benar mengosongkan dari segala sesuatu yang ada di ponsel. Pastikan untuk mem-back up semua aplikasi, seperti musik, foto, dan info kontak sebelum merisetnya, sehingga Anda dapat mengembalikan fungsi telepon seperti semula.

Percayalah, kedengarannya memang menakutkan, tapi ini merupakan obat yang dapat Anda berikan ke ponsel dan biasanya akan bekerja secara efektif!

 

3 dari 4 halaman

Singkirkan wallpaper

7. Singkirkan wallpaper dan animasi gerak

Bagi sebagian orang menggunakan wallpaper terlihat seperti hal yang unik dan menarik. Tapi yang perlu Anda tahu hal ini justru salah satu hal yang memperlambat kinerja ponsel.

Jika Anda benar-benar serius ingin mempercepat ponsel Anda, sebaiknya jangan gunakan wallpaper bergerak. Buka setelan ponsel dan matikan animasi gerak dari telepon, hal ini akan membantu ponsel Anda untuk sedikit lebih mudah bernapas.

 Jika sudah melakukan hal-hal di atas, pemeriksa dan lihatlah bagaimana kinerja ponsel Anda saat ini, Anda akan kagum dengan cara kerjanya yang lebih cepat dari biasanya, smartphone Anda jauh lebih lancar sekarang. Lakukan tips ini setiap dua minggu atau lebih untuk memastikan Anda menjaga ponsel tetap sehat.​

Artikel Selanjutnya
Top 3: Pengaturan Bikin Android Canggih, Komeng jadi Wali Nikah
Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih