Sukses

3 Hal Ini Bikin Startup Sukses dan Berkembang

Startup membutuhkan tiga hal untuk berkembang, meraih kesuksesan, dan diperhitungkan pada era ekonomi digital. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Startup membutuhkan tiga hal untuk berkembang, meraih kesuksesan, dan diperhitungkan pada era ekonomi digital.

Diungkapkan Pembina IndoTelko Forum Johny Swandi Sjam dalam Perayaan HUT ke-5 IndoTelko, Kamis (15/12/2016) di Jakarta, ketiga hal yang memengaruhi kesuksesan sebuah startup adalah 3C yakni commitment, collaboration, dan confidence baik dari pemerintah maupun perusahaan besar.

Tak hanya itu, dalam rangkaian HUT ke-5 portal tersebut diperkenalkan Indonesia Internet of Things (IoT) Forum dan buku All About IoT sebagai langkah menatap bisnis masa depan dari ekonomi digital. Selain itu, IndoTelko juga berkolaborasi dengan banyak mitra termasuk Telkomsigma dalam pemanfaatan layanan cloud computing (komputasi awan).

Johny mengucapkan, pada era digital seperti saat ini, isu akses ke capital maupun commerce bukan hal utama bagi pemain startup, jika ketiga faktor di atas belum didapat dari pemerintah maupun perusahaan. "Contohnya portal IndoTelko.com, dengan adanya komitmen, kolaborasi, dan confidence, sudah lima tahun (menjadi salah satu pemain) di media online," kata Johny.

Pendiri Indonesia IoT Forum Teguh Prasetya mengakui kolaborasi antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah hingga media memang dibutuhkan dalam membangun ekosistem ekonomi digital di Tanah Air. Direktur Utama Media Andalas Sejahtera Doni Ismanto Darwin mengatakan portal IndoTelko.com masih banyak yang harus diperbaiki ke depannya agar tetap kompetitif di era digital.

"Dalam rangkaian HUT ke-5 ini memang yang ditonjolkan adalah kolaborasi dengan berbagai pihak. Sebagai pemain baru kami tak akan sanggup melangkah sejauh ini tanpa komitmen dan keyakinan dari semua mitra," ujar Doni.

Menkominfo Rudiantara mengakui, IndoTelko punya posisi jelas di pasar, salah satu kekuatan utamanya adalah dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak. Selain IndoTelko Forum, IndoTelko juga memiliki IoT Forum yang didirikan bersama sejumlah perusahaan yang bermain di IoT.

Ia menyebutkan, IoT bakal jadi tren di masa depan dan untuk membangun ekosistemnya butuh kolaborasi dan komitmen dari semua pihak. Kehadiran IoT Forum IndoTelko, menurut Rudiantara, bisa merekatkan semua pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Telkomsigma Judi Achmadi mengatakan perusahaan telah bekerja sama selama dua tahun dengan IndoTelko dalam memberikan layanan cloud computing. Melihat prospek yang cerah, pihaknya pun bakal memperpanjang kerja sama. Tak cuma itu, Telkomsigma juga mendukung ekonomi digital dengan layanan bernama Star Cloud yang ditujukan bagi startup dan pelaku UKM.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.