Sukses

Wawancara: Prediksi Indra Utoyo tentang Bisnis Digital pada 2017

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis digital pada 2017 diperkirakan akan lebih bergairah. Direktur Digital & Strategic Portofolio PT Telkom Indra Utoyo memprediksi penerapan digitalisasi termasuk penggunaan aplikasi, pada 2017 akan makin meluas.

Sektor pemerintah, bisnis, dan consumer diprediksi akan kian banyak menggunakan aplikasi untuk menciptakan efisiensi dan kemudahan.

Saat ditemui Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu, Indra mengatakan, PT Telkom berupaya untuk terus meningkatkan infrastruktur pita lebar (broadband) baik untuk wireline maupun wireless yang salah satunya dilakukan dengan pemanfaatan kabel fiber.

"Dari segi wireless, PT Telkom berupaya untuk terus menghadirkan layanan 4G di seluruh Indonesia yang nantinya pemanfaatannya untuk bisnis, konsumer, maupun pemerintah," tutur Indra.

Ia pun memerkirakan beberapa jenis aplikasi yang diyakini akan makin banyak digunakan pada 2017 dan tahun-tahun mendatang antara lain aplikasi e-Commerce, music dan video streaming, konten gim, payment (fintech), big data, dan internet of things (IoT).

Telkom juga sudah memiliki sebuah pusat inkubasi dan akselerasi startup bernama Indigo Creative Nation (ICN) untuk membantu perkembangan startup yang akan mampu meningkatkan ekonomi digital Indonesia menjadi lebih maju. Hal ini turut dilakukan oleh PT Telkom untuk membantu pencapaian program 1.000 startup digital yang dicanangkan oleh pemerintah.

Indra berharap, ICN bisa menghasilkan 40 startup berkualitas baik dalam satu tahunnya. Dengan demikian, pemerintah akan lebih cepat mencapai tujuan tersebut pada 2019 nanti.

(Tin/Why)