Sukses

TCL Resmi Garap Produksi Ponsel BlackBerry

TCL akan menjadi rekanan untuk memproduksi dan memasarkan ponsel BlackBerry secara global

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan lalu, BlackBerry telah mengumumkan tak lagi menggarap ponsel secara mandiri. Perusahaan asal Kanada itu memilih untuk bekerja sama dengan perusahaan manufaktur lain untuk menggarapnya. 

Salah satu perusahaan yang telah menjalin kerja sama tersebut adalah TCL. Berdasarkan laporan terbaru, BlackBerry mengumumkan kerja sama dengan TCL untuk produk yang dirilis secara global.

Dikutip dari Tech Crunch, Minggu (18/12/2016), sebagian pihak merasa kerja sama ini masuk akal, mengingat TCL dalam beberapa tahun terakhir memiliki hubungan yang dekat dengan BlackBerry. Perusahaan asal Tiongkok itu dipercaya menjadi manufaktur untuk dua ponsel BlackBerry terbaru yakni DTEK50 dan DTEK60. 

Lewat kesepakatan ini, TCL akan membuat dan mendistribusikan perangkat BlackBery secara global, sedangkan BlackBerry akan mengurus bagian aplikasi, fitur keamanan, dan dukungan konsumen. Model kerja sama ini kali pertama dilakukan oleh BlackBerry.

Namun kerja sama ini tak berlaku untuk Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, dan Indonesia karena perusahaan dari negara-negara tersebut telah menjalin kerja sama lebih dulu dengan BlackBerry. Adapun di Indonesia, BlackBerry telah mengumumkan perjanjian usaha bersama atau joint venture yang baru terbentuk, PT BB Merah Putih.

Joint venture ini dipimpin oleh PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia.

Sebagai informasi, BlackBerry memamg telah memastikan tak akan menggarap ponsel lagi pada September tahun ini. Perusahaan tersebut akan memberlakukan sistem outsource, yang memungkinkan perusahaan rekanan untuk mengembangkan produknya sendiri baik dengan lisensi software maupun layanannya

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.