Sukses

Review: Super Mario Run, Pertaruhan Nintendo yang Berbuah Manis

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya, penantian selama tiga bulan yang panjang dan berat pun terjawab sudah dengan peluncuran Super Mario Run di App Store pada Jumat (16/12/16).

Sejak Shigeru Miyamoto mengumumkan bahwa Mario akan meluncur di smartphone dan tablet pada 2016, tim Tekno Liputan6.com sudah tak sabar menunggu gim maskot Nintendo ini melakukan debutnya.

Luar biasanya, sejak diumumkan pada September 2016 hingga peluncuran perdana, terhitung sudah ada lebih dari 20 juta orang yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan notifikasi bilamana [Super Mario] (2679874 "") Run sudah tersedia dan dapat diunduh.

Kini setelah resmi dirilis di 151 negara di seluruh dunia, kami pun langsung mengunduh gim ini. Puas bermain Super Mario Run, berikut adalah review lengkap gim mobile pertama milik Nintendo.

1. Modus Permainan

Super Mario Run terbagi ke dalam tiga modus permainan yakni World Tour, Toad Rally, dan Kingdom Builder. Di World Tour, kamu akan menemukan 26 level yang terbagi ke dalam 6 dunia berbeda dengan tujuan akhir kastil Bowser.

Di modus permainan ini, kamu harus berlomba dengan waktu sembari mengumpulkan berbagai koin yang tersedia sepanjang gim. Untuk modus ini, Nintedo menyediakan 26 level--terbagi 4 level di 6 dunia berbeda--untuk pemain taklukkan.

Seperti gim endless runnner lainnya, kamu dapat mengunjungi level yang sudah selesai dilalui untuk mendapatkan 5 koin khusus berwarna merah jambu, ungu, dan hijau navy.

5 koin yang terkumpul lengkap akan memberikan beragam bonus seperti koin--untuk digunakan di Kingdom Builder--atau tickets yang digunakan untuk bermain Toad Rally.

Modus kedua, Toad Rally, hadirkan modus permainan yang lebih konvensional dan sosial. Di modus permainan ini, kamu dapat bersaing dengan pemain lain untuk mencapai skor tertinggi di dalam gim.

Bersaing dengan 'hantu' pemain lain, kamu harus mendapatkan lebih banyak koin, memikat lebih banyak Toad--dengan berbagai trik gerakan yang dimiliki--lari sejauh-jauhnya hingga waktu yang tersedia habis.

Usahakan untuk memukau Toad dengan gerakan dan lompatan. Semakin banyak Toad yang terpukau, maka kian besar kemungkinan kamu untuk menang.

Bila berhasil mengalahkan lawan, kamu akan mendapatkan hadiah sejumlah koin dan 'menculik' Toads lawan ke kerajaan kamu. Untuk bermain Toad Rally dan melawan pemain lain, kamu membutuhkan tickets yang di dapat dari World Tour atau beli menggunakan My Nintendo Points.

Terakhir adalah modus permainan Kingdom Bulider. Modus ini merupakan tempat yang tepat bagi kamu untuk menghambur-hamburkan koin yang di dapat dari dua modus lainnya.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa membangun kerajaan kecil dengan menambahkan berbagai elemen dekoratif dan bangunan baru yang tersedia di toko dalam gim.

Sekadar informasi, beberapa bangunan seperti Toad House dapat digunakan sebagai tempat tinggal para Toad yang menetap di kerajaan.

Tak hanya untuk Toad, beberapa bangunan juga berfungsi untuk mengakses karakter-karakter lain seperti Luigi, Toadette, dan Yoshi

Semakin banyak Toad yang tinggal di kerajaan, kian banyak pula bonus dan bangunan yang bisa kamu dapatkan di dalam Super Mario Run.

1 dari 3 halaman

Gameplay dan Online

2. Gameplay

Sebetulnya, inti dari Super Mario Run hanya bertumpu di modus permainan World Tour dan Toad Rally. Konsep dasar gim lawas Mario yang di desain ulang--bukan porting--untuk perangkat mobile, membuat gim ini mudah untuk dimainkan sekalipun dengan satu tangan.

Hal ini dibuktikan langsung oleh Shigeru Miyamoto--pembuat karakter Mario--yang memperlihatkan dirinya bermain Super Mario Run sembari makan burger.

Berhubung Mario secara otomatis berlari ke arah kanan layar dengan cepat, ragam tombol virtual di layar pun tak dibutuhkan lagi. Cukup dengan mengetuk layar sekali, Mario pun akan melompat dan melakukan ragam trik.

Berbeda dari gim sebelumnya, Mario kini dapat melompat di antara dinding dan trik lainnya untuk mencapai tempat sulit dan mengumpulkan berbagai koin khusus berwarna merah muda dan ungu sepanjang gim.

Karena khusus, koin-koin tersebut terletak di tempat-tempat yang sulit dijangkau; dan dibutuhkan keahlian untuk mengumpulkan semuanya.

3. Wajib Online

Menghindari pembajakan dan keamanan, Nintendo membuat Super Mario Run agar selalu membutuhkan koneksi internet untuk bermain.

Dengan begini, perangkat iOS kamu harus selalu terhubung dengan Wi-Fi atau paket data yang tersedia di iPhone atau iPad.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan Super Mario Run

4. Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami cukup puas memainkan Super Mario Run. Gim ini merupakan 'perubahan' yang Nintendo butuhkan, mengingat perusahaan asal Negeri Sakura ini sempat bersikeras tak ada niatan meluncurkan gim waralaba ternama mereka di mobile platform.

Walau dapat diunduh secara gratis di App Store, kamu hanya bisa mengakses tiga level di dunia pertama. Selanjutnya, kamu harus bayar Rp 149ribu untuk membuka  seluruh 26 level--6 dunia--yang ada di dalam gim.

Namun, dengan banderol harga dan jumlah level yang terbatas akan membuat banyak pemain berpikir dua kali untuk membeli gim ini.

Auto run yang ditampilkan cukup natural dan didesain dengan baik oleh tim Nintendo. Tak hanya itu, seluruh level pun didesain dengan apik, dan cukup menantang bahkan untuk gamer berpengalaman sekalipun.

Grafis gim Super Mario Run juga terbilang cukup apik untuk sebuah gim mobile. Baik karakter dan latar belakang dunia di dalam gim benar-benar dibuat 'enak' di mata dan tak menganggu performa perangkat iOS.

Patutkah kamu unduh gim ini dan beli seharga Rp 149 ribu? Ya, entah kamu penggemar setia atau pemain baru yang tak kenal seri Super Mario Bros, Super Mario Run memang patut untuk diunduh.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Nintendo Gulirkan Pembaruan Super Mario Run di iOS
Artikel Selanjutnya
Super Mario Run Versi Android Sudah Bisa Diunduh