Sukses

5 Cara Unik Smartphone Membantu Hidup Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sering kali disalahkan untuk hal negatif, seperti membuat orang-orang ketergantungan, terputus dari dunia nyata, dan lebih mementingkan diri sendiri dengan kehidupan dunia maya.

Padahal kenyataannya, semua itu kembali lagi pada bagaimana seseorang menggunakan smartphone-nya.

Smartphone tak sepenuhnya dapat disalahkan karena juga memiliki banyak hal positif, salah satunya memperluas kesempatan seseorang di produktivitas.

Lalu, bagaimana smarthpone dapat membuat seseorang menjadi lebih produktif? Mengutip laman Lifehack, Rabu (28/12/2016), berikut ini lima cara unik smartphone dapat membuat kamu lebih produktif.

1. Dapat bekerja dari mana saja

Dapat bekerja dari mana saja

Sebuah smartphone dengan paket data memungkinkan kamu bekerja melalui cloud storage. Google Drive yang tersedia di iPhone dan Android, dilengkapi dengan rangkaian lengkap untuk membuat dokumen dan alat edit membuat dan mengubah dokumen di mana saja, tanpa perlu menunggu komputer dan akses WiFi.

Program lain, seperti Evernote dan Dropbox juga dapat dihubungkan ke sistem penyimpanan berbasis cloud, memungkinkan kamu untuk menyimpan file-file besar dan catatan tanpa perlu khawatir soal memori atau perangkat yang disimpan aplikasi.

Berkat penyimpanan cloud storage dan data, smartphone menjembatani kesenjangan antara ruang kerja, yaitu dengan tetap menjaga kamu untuk selalu siap membuka pekerjaan pada setiap file atau dokumen dengan cepat.

2. Menyederhanakan Bawaan

Menyederhanakan bawaan

Smartphone membantu mengonsolidasikan beberapa data paling penting sehingga dapat meringankan beban barang-barang lain yang membutuhkan persiapan.

Saat ini, kamu tidak perlu lagi menyalin informasi yang perlu diingat dengan notebook dan pena karena kamu dapat mengambil foto.

Selain itu, kamu tidak perlu lagi mengambil kartu nama seseorang karena kamu dapat menambahkannya ke daftar kontak atau mengambil foto dari kartu bisnis.

Smartphone bahkan juga bisa digunakan sebagai perangkat pembayaran melalui aplikasi, seperti Squarecash, Venmo, Apple Pay, dan Google Wallet. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah kamu dengan tidak harus membawa uang tunai atau kartu kredit bukan?

Apapun yang kamu butuhkan, kemungkinan semua sudah tersedia dalam sebuah aplikasi.

1 dari 2 halaman

Merencanakan Jadwal

3. Merencanakan Jadwal

Merencanakan jadwal

Dengan smartphone, kamu memiliki akses ke semua yang kamu butuhkan untuk merencanakan hari kamu. Sebuah aplikasi kalender dengan pemberitahuan waktu dan arah GPS dapat membantu kamu menghadiri semua pertemuan.

Kamu dapat membeli tiket pesawat dan bus dari ponsel, atau menempatkan permintaan untuk Uber, Grab, atau Gojek. Tak hanya itu, kamu bahkan dapat memesan tempat duduk di bioskop atau memesan taksi.

Hampir setiap organisasi besar, pengecer, dan lembaga telah menciptakan sebuah aplikasi atau web mobile yang dapat memudahkan pengguna smartphone.

4. Bikin Kamu Makin Up to Date

Bisa tinggal di lingkaran

Smartphone memungkinkan kamu untuk mengirim teks, melakukan panggilan, IM, email, dan banyak lagi. Tentu hal itu membuat kamu tetap up to date.

Salah satu contohnya pada iPhone, yaitu dapat diatur untuk memeriksa email baru setiap setengah jam atau waktu yang lebih lama berdasarkan seberapa sering kamu ingin memeriksa email tanpa harus sengaja membuka email dan melihat apa yang baru.

Pesan teks memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain secara cepat, sekaligus mengurangi pesan suara dan panggilan tidak terjawab.

Dengan menjaga sistem peringatan aktif dalam saku, smartphone tentu dapat memberitahu setiap pembaruan yang terjadi di mana pun kamu berada.

5. Lebih Cepat Mendapatkan Sesuatu

Lebih cepat mendapatkan sesuatu

Sebuah smartphone secara signifikan dapat mengurangi waktu kamu melakukan apa saja, seperti memeriksa email hanya dengan melihat pemberitahuan aplikasi email, serta catatan dapat didikte, dicatat, dan bahkan di foto.

Smartphone memungkinkan kamu untuk beralih ke berbagai macam aplikasi yang berguna hanya dengan klik beberapa tombol. Tentu hal ini menyederhanakan kamu, berfungsi sebagai komputer portabel, dan secara otomatis membuat kamu diberitahu tentang apa yang terjadi.

Sesungguhnya, jika smartphone digunakan secara benar, tentu dapat mengefisienkan produktivitas kamu secara signifikan dan membuktikan bahwa teknologi tidak hanya sebagai pembunuh produktivitas.

(Fitriana Monica Sari)

 

Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Ini Dapat Membantu Anda Kelola Uang dan Waktu
Artikel Selanjutnya
Cara Memantau Penggunaan Data di Aplikasi Android