Sukses

7 Gim Jadul Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Meski industri gim kini didominasi konsol current generation seperti PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, masih ada saja yang merindukan keberadaan gim jadul (jaman dulu).

Alasannya, gim jadul tak sekadar jadi sebuah permainan klasik yang menghibur, namun sebagai kenangan manis yang melekat dengan kehidupan para pemainnya.

Bicara soal gim jadul, pasti banyak judul gim yang pernah dimainkan saat kamu masih kecil atau beranjak remaja. Seperti diketahui gim-gim lawas yang ada di dalam daftar memang dirilis di era 1980 hingga 1990-an.

Konsolnya pun bervariasi, mulai dari Nintendo, Sega hingga Atari. Nah, untuk kembali napak tilas, Tekno Liputan6.com sajikan beberapa judul gim jadul terbaik pada masanya.

Judul-judul gim ini diambil berdasarkan popularitas, jumlah pemain dan penjualannya. Apa saja? Merangkum informasi berbagai sumber, Kamis (22/12/2016), berikut 7 gim jadul terbaik sepanjang masa yang patut kamu mainkan kembali.

1 dari 4 halaman

Super Mario Bros & Pac-Man

1. Super Mario Bros

Super Mario Bros bisa dibilang salah satu pionir gim konsol jadul pada masanya. Daya tarik Super Mario Bros begitu kuat bagi gamer saat dirilis di tahun 1985 silam.

Mengusung genre platform adventure, kamu harus membawa Mario menelurusi petualangan yang seru untuk menyelamatkan sang putri. Rindu memainkan gim ini kembali? Jangan khawatir, kamu bisa kembali memainkan gim ini bahkan di platform PC sekalipun.

2. Pac-Man

Siapa yang tak kenal sosok makhluk bulat berwarna kuning ini? Pac-Man dirilis oleh Namco pada tahun 1980 untuk platform Arcade dan Nintendo dengan gameplay yang sangat mudah dan menghibur.

Cara bermainnya cukup simpel, kamu hanya perlu mengontrol Pac-Man mengitari labirin biru untuk memakan Pac-Dots (makanan Pac-Man yang berwarna kuning) sampai habis.

Hanya saja, jangan sampai Pac-Man menemui musuh-musuhnya yang bernama Blinky, Pinky, Inky dan Clyde, karena gim akan langsung berakhir dan dimulai dari awal kembali bila Pac-Man menabrak mereka.

2 dari 4 halaman

Contra & Mortal Kombat

3. Contra

Contra dirilis pada tahun 1987 untuk Arcade dan 1988 untuk Nintendo. Dari segi gameplay, Contra mengusung run and gun action, yang sederhana dan mudah untuk dimainkan.

Kamu hanya perlu menggerakkan karakter ke kiri dan ke kanan, bahkan bisa meloncat ke area yang lebih tinggi. Tak hanya itu, karena gim ini termasuk action, kamu juga harus menembak musuh-musuh yang menghalangi di sepanjang permainan.

4. Mortal Kombat

Mortal Kombat merupakan gim fighting yang dirilis oleh Midway untuk platform Arcade, Super Nintendo dan juga Sega Genesis.

Mortal Kombat menyajikan gameplay fighting yang sederhana namun cukup bikin pemainnya kecanduan. Tampilan grafis gim ini pun bisa dibilang sangat sempurna pada masanya.

Dengan style pertarungan dan atmosfer yang khas, Mortal Kombat bisa dibilang berbeda dengan gim fighting lainnya karena menyajikan adegan laga yang dianggap terlalu sadis dan banyak darah.

3 dari 4 halaman

Donkey Kong hingga Chrono Trigger

5. Donkey Kong

Donkey Kong adalah salah satu pelopor gim ber-genre platformer yang dirilis di tahun 1981 untuk Arcade dan Nintendo.

Gim ini menyajikan gameplay yang sangat ringan untuk dimainkan semua umur. Kamu hanya perlu mengontrol Jumpman (yang sebenarnya adalah Mario dari Super Mario) untuk menyelamatkan seorang putri dari seekor gorila besar, dengan menaiki tangga demi tangga dan menghindari rintangan di sepanjang gim.

6. The Legend of Zelda: A Link to The Past

Seri Zelda yang satu ini diklaim menjadi salah satu seri terbaik pada masanya. Dirilis untuk Super Nintendo pada 1991, gim dengan bergenre adventure ini diklaim sukses secara komersial dan menjadi salah satu gim terbaik sepanjang masa. Secara keseluruhan, seri ini terjual hingga 4 juta kopi di seluruh dunia.

7. Chrono Trigger

Sama seperti The Legend of Zelda: A Link to The Past, Chrono Trigger juga dirilis untuk konsol Super Nintendo. Gim buatan Square Enix (yang pada saat itu bernama SquareSoft) ini ber-genre role-playing game (RPG) dan desain para karakternya digarap oleh kreator Dragon Ball, Akira Toriyama. 

Kesuksesan Chrono Trigger terbukti dari penjualannya yang bombastis, yakni menyentuh angka 3 juta kopi di seluruh dunia. Bahkan, gim ini berhasil di-port ke versi PlayStation 1 dan Nintendo DS pun tetap mendulang sukses dengan penjualan 1 juta kopi.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Gerombolan Zombie Bakal Gentayangan di Gim Baru The Walking Dead
Artikel Selanjutnya
Naga bak Film Game of Thrones Ini Ternyata Karya Pengrajin Kayu