Sukses

10 Gim Konsol dan PC Terbaik Sepanjang 2016

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyajikan daftar gim-gim terbaik di iOS dan Android, Tekno Liputan6.com menyuguhkan daftar 10 gim konsol dan PC terbaik yang telah meluncur sepanjang 2016.

Bukan tugas yang mudah, mengingat sejak Januari hingga Desember sejumlah studio gim terkenal hingga indie meluncurkan judul gim eksklusif untuk konsol tertentu (PS4 dan Xbox), ataupun multiplatfom (PS4, Xbox One, dan PC).

Sepanjang 2016, tak sedikit pula sejumlah gim yang digembar-gemborkan akan sukses di pasaran. Namun, No Man's Sky dan Mighty No.9 justru dikritik dan gagal di pasaran.

Tak sedikit pula gim yang 'tak diunggulkan' seperti Stardew Valley malah mendapatkan sambutan yang luar biasa dari gamer di dunia.

Dari sekian banyak gim yang meluncur sepanjang 2016, gim manakah yang masuk daftar gim terbaik versi Tekno Liputan6.com? Berikut ini ulasan lengkapnya. 

1. Final Fantasy XV

Bagi pecinta seri Final Fantasy, penantian selama 10 tahun terbayar saat Square Enix resmi meluncurkan Final Fantasy XV pada November 2016 untuk gamer Xbox One dan PS4.

Tampilkan sistem battle yang lebih aktif, cepat, dan betapa luasnya dunia Eos di FFXV, wajar jika seri role-playing games (RPG) masuk ke dalam daftar gim terbaik tahun ini.

2. Overwatch

Dari segi konten di dalam gim, Overwatch terbilang cukup kecil. Per Desember 2016, Overwatch hanya menampilkan 15 peta, 23 heroes, dan beberapa modus permainan.

Pun demikian, kesuksesan Overwatch pun diiringi dengan munculnya berbagai tim eSports profesional yang khusus bermain gim ini di tingkat dunia.

1 dari 4 halaman

Uncharted dan Stardew Valley

3. Uncharted 4: A Thief's End

Seri petualangan terakhir Nathan Drake, Uncharted 4 harus berjuang keras untuk memenuhi jadwal peluncuran gim dan ekspektasi pecinta seri Uncharted yang menginginkan sesuatu yang baru dan unik.

 

Walau sempat diisukan memiliki permasalahan di internal Naughty Dog, Uncharted 4 berhasil memuaskan pecintanya dengan cerita luar biasa khas seri Uncharted.

4. Inside

Sebagai penerus gim indie ternama yang berjudul Limbo, Inside merupakan salah satu gim puzzle-platformer terbaik sepanjang 2016.

 

Yang membuat Inside menarik dan unik bukan hanya nuansa 'gelap' gim dan misterius, namun tantangan dan teka-teki di dalam gim yang membuat Inside menjadi salah satu gim terbaik tahun ini.

5. Stardew Valley

Setengah simulasi, setengah role-playing adventure, Stardew Valley menjadi salah satu gim buatan studio indie ini juga mengejutkan banyak gamer dan studio gim di seluruh dunia.

Stardew Valley menawarkan dunia yang indah dan memukau. Luar biasanya, gim ini dibuat seorang diri oleh Eric Barone.

 

2 dari 4 halaman

Watch Dogs 2 hingga Forza Horizon 3

6. Watch Dogs 2

Ubisoft memang terkenal kurang 'memukau' bilamana meluncurkan gim seri pertamanya. Masih ingat dengan Assassin's Creed?

Tak terlalu booming di seri pertamanya, Ubisoft memenuhi ekspektasi banyak gamer dengan meluncurkan seri kedua Assasin's Creed II dengan gameplay dan cerita yang lebih baik.

Sama halnya dengan Watch Dogs, yang diluncurkan pada tahun 2014. Tampilkan karakter protagonis dan cerita yang membosankan, Ubisoft merombak total cerita dan karakter-karakter di dalam gim agar lebih seru dan nyata dilengkapi dengan latar belakang kota ternama San Francisco.

7. Battlefield 1

Saat EA (Electronic Arts) mengumumkan bahwa gim first-person shooter (FPS) terbarunya ini akan mengusung alur cerita di masa Perang Dunia I, banyak gamer yang pesimis apakah gim ini akan mampu bersaing dengan FPS lainnya. 

Hal ini cukup wajar, mengingat pesaingnya, seri Call of Duty, usung alur cerita yang lebih modern dan canggih. Namun, hal tersebut terbayar cukup manis untuk EA.

Walau menampilkan modus permainan multiplayer yang tak jauh berbeda dari seri sebelumnya, modus permainan solo Battlefield 1 membuat gim ini mendapatkan pujian.

8. Forza Horizon 3

Forza Horizon 3 adalah gim balap terbaik sepanjang sejarah waralaba ini. Usung dunia balap open world, Forza Horizon 3 menggabungkan dunia balap yang ciamik dengan aksi balap seru dan tidak membosankan.

3 dari 4 halaman

Dishonored 2 dan The Last Guardian

9. Dishonored 2

Lagi, Arkane Studio berhasil meluncurkan gim yang luar biasa. Di seri pertamanya, Dishonored memperkenalkan dunia bertemakan steampunk yang terinspirasi dari kota London saat era industri.

Berbeda dari seri pertama, di Dishonored 2 pemain bisa bermain dengan 'gaya' stealth atau penuh aksi. Tak hanya itu, gim ini juga menampilkan dua karakter--Corvo Attano atau Emily Kaldwin--dengan skill dan gaya permainan unik untuk masing-masing karakter.

10. The Last Guardian

Setelah hampir 10 tahun penantian yang penuh kontroversi, The Last Guardian akhirnya secara resmi dirilis untuk PlayStation 4.

Walau masih ada beberapa bug di dalamnya, The Last Guardian tetap merupakan gim yang indah, baik dari segi grafis, gameplay, dan cerita sepanjang gim eksklusif PS4 di 2016 ini.

Selain sepuluh gim yang ada di atas, masih ada beberapa judul gim lain yang tak boleh dilewatkan untuk kamu mainkan seperti Civilization 6, Hitman, Titanfall 2, Dark Souls 3, Forza Horizon 3, FIFA 17, Firewatch, dan XCOM 2.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Batman: The Enemy Within Bakal Datang ke Nintendo Switch?
Artikel Selanjutnya
10 Gim PS4 Paling Hits di Pertengahan 2017