Sukses

Dukung Pengembangan Aplikasi Petani, XL Berikan Internet Satelit

XL mendukung pengembangan aplikasi untuk petani di Jawa Tengah dengan memberikan dukungan penyediaan internet cepat melalui satelit.

Liputan6.com, Bandung - Operator seluler XL mendukung pengembangan aplikasi untuk kalangan petani di Jawa Tengah antara lain dengan memberikan dukungan penyediaan akses internet cepat melalui satelit.

Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumbangaol mengatakan, langkah tersebut merupakan implementasi komitmen XL untuk menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital.

"Kami sangat antusias mendukung program Aplikasi Petani Jawa Tengah ini. Apalagi, sebagai perusahaan penyedia akses telekomunikasi serta internet dan data, kami memiliki visi ikut menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Kami berharap proyek ini akan mampu memenuhi harapan kalangan petani," kata Joseph.

Menurut dia, penyediaan akses internet cepat melalui satelit dilakukan karrena keberadaan petani sebagian masih berada di lokasi-lokasi terpencil dan tidak terjangkau jaringan telekomunikasi selular konvensional. Teknologi akses internet satelit yang disediakan XL merupakan teknologi satelit HTS (High Throughput Satellite) yang mampu menyediakan akses dengan spektrum efisien, kecepatan tinggi, dan biaya lebih terjangkau. Ini menjadi semacam WiFi untuk suatu kawasan lokal.

XL mengklaim sudah melakukan uji coba dan hasilnya cukup baik.

Dengan akses internet memadai, aplikasi Petani Jateng akan bisa dimanfaatkan lebih maksimal hingga ke daerah pedesaan terpencil.

"Tersedianya akses internet juga memungkinkan XL menyediakan layanan data yang sesuai kalangan petani. Salah satunya layanan video conference LISA, yang bisa dimanfaatkan penyuluhan atau sosialisasi suatu program secara online dengan penyuluh atau pembicara di lokasi berlainan. Akses ini juga bisa dimanfaatkan untuk layanan menelepon via WiFi, juga akses ke OTT relevan semacam fitur WhatsApp Call," ujar Joseph.

Pada acara peluncuran kemarin, akses komunikasi digital dilakukan berupa akses ke jaringan internet melalui satelit di daerah yang selama ini belum terjangkau layanan internet seluler yakni Karanganyar di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah.

Aplikasi Petani dirilis Pemprov Jawa Tengah sebagai platform pemberdayaan petani yang merupakan hulu dari industri pertanian dengan sarana digital yang dirancang memfasilitasi kebutuhan kalangan petani atas edukasi pertanian yang dimoderatori Fakultas Pertanian UGM.

Joseph menambahkan, selain mendukung konektivitas akses internet, XL juga memberikan dukungan berbentuk edukasi ekonomi digital dan selanjutnya akan berkolaborasi untuk menambahkan fitur yang makin mempercepat inklusi petani dalam pertukaran informasi, inklusi keuangan, dan inklusi e-Commerce.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini