Sukses

Manisnya Perayaan Hari Ibu di Google Doodle

Pada tahun ini, Google menampilkan Doodle khusus Hari Ibu dengan ilustrasi sepatu dan sendal. Apa maksudnya?

Liputan6.com, Jakarta - Selain Twitter yang merayakan Hari Ibu pada hari ini, Kamis (22/12/2016), Google pun tak mau ketinggalan dengan menampilkan Google Doodle edisi spesial Hari Ibu. Doodle tersebut tampil di laman awal pencarian Google.

Seperti yang terpampang di laman tersebut, ilustrasi Hari Ibu yang dibuat tim ilustrator Google Doodle berupa sepasang sepatu ibu dan sepasang sendal anak yang diletakkan di atas karpet bertuliskan Google.

Ilustrasi tersebut merupakan analogi dari keharmonisan dan kedekatan hubungan yang erat antara sang ibu dan anak.

Sebelumnya pada 2015, Google Doodle juga menampilkan ilustrasi spesial Hari Ibu. Bedanya, ilustrasi ini muncul dengan tampilan animasi singkat yang menampilkan hubungan ibu dan anak dari beberapa hewan, seperti angsa, harimau, dan kelinci. 

Lewat animasi tersebut, seolah Google ingin menggambarkan bahwa peran seorang ibu begitu penting, tak peduli itu seorang manusia maupun hewan sekalipun. Seorang ibu siap menjadi pelindung anaknya, mengurus anak-anaknya, bahkan menjadi teman bermain anak-anaknya.

Untuk Indonesia, Hari Ibu diperingati secara nasional pada tanggal 22 Desember tiap tahunnya. Peringatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Sukarno lewat Dekrit Presiden No. 316 tahun 1953 saat ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Awalnya, 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu Nasional untuk memperingati semangat wanita Indonesia sekaligus meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk para wanita yang ketika itu menyelenggarakan kongres.

Namun, akhirnya Hari Ibu Nasional diperingati tidak hanya sebagai peringatan semangat wanita Indonesia, tapi juga pengingat peran wanita dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, termasuk kaum ibu. Dan, di masa sekarang ini Hari Ibu diperingati dengan makna lebih luas.

Saat ini, Hari Ibu tidak lagi sekadar memperingati peran wanita sebagai seorang ibu, tapi juga memberikan apresiasi terhadap peran wanita di berbagai bidang.

Jadi, sudahkah kamu memberikan ucapan selamat kepada ibu hari ini?

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.