Sukses

Indosat Ooredoo Perkenalkan Teknologi VR ke Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo kembali mengajak karyawannya berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah melalui Program Employee Volunteer.

Baru-baru ini, mereka memperkenalkan teknologi virtual reality (VR) untuk pembelajaran di SD Islam Al-Badar, Menteng, Jakarta Pusat, serta memberikan bantuan berupa donasi pendidikan.

Hadir sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility, CSR) Indosat Ooredoo, program Employee Volunteer di bidang edukasi dan inovasi ini merupakan bentuk kontribusi karyawan terhadap lingkungan di sekitarnya di bidang pendidikan dan anak-anak.

Selain membuka pintu interaksi positif antara karyawan dan peserta didik di sekolah yang bersangkutan, program ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi yang peduli dunia digital, dengan memperkenalkan teknologi VR yang dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran di kelas.

“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, menjadi salah satu kewajiban kami untuk membangun pendidikan Indonesia melalui dunia digital agar pendidikan kita menjadi lebih baik dan berkualitas,” ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Melalui kegiatan ini, para peserta didik kelas 1 hingga 6 SD bisa melihat dan merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia digital. “Kami berharap era digital dapat memberikan manfaat positif bagi dunia pendidikan dan generasi muda Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama turut diserahkan donasi pendidikan, yang dikumpulkan melalui program Digital Charity Run HUT Indosat Ooredoo ke-49, yakni kegiatan lari santai karyawan Indosat Ooredoo yang dikaitkan dengan charity.

Setiap langkah yang dihasilkan pelari diakumulasikan sejumlah rupiah untuk didonasikan. Kegiatan ini diikuti 200 karyawan Indosat Ooredoo, mencatat 968.179 langkah, dan menghasilkan dana sebesar Rp 200 juta yang akan didonasikan untuk pendidikan Indonesia.

Adapun donasi ini disalurkan dalam bentuk perbaikan perpustakaan serta bantuan buku-buku perpustakaan yang diselenggarakan di lima Sekolah Dasar di lima wilayah Indosat Ooredoo seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Balikpapan.

Virtual Reality Headset (VR Headset). (Liputan6.com/M Wahyu Hidayat)

Sebelumnya, Program Employee Volunteer juga telah dilaksanakan dengan kegiatan Kelas Inspirasi dan Renovasi Sekolah di beberapa kota secara serentak. Kelas Inspirasi merupakan kelas mengajar yang dilakukan oleh karyawan kepada Siswa SD. Satu kelas diikuti 9-10 karyawan dan fasilitator dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU).

Selain itu, pada Oktober tahun lalu, Indosat Ooredoo menyelenggarakan Program Homestay Karyawan yaitu program sukarela (voluntary) bagi karyawan untuk terjun langsung menjadi relawan pengajar di berbagai sekolah di daerah terpencil di pelosok Tanah Air.

Program ini dilaksanakan bersama dengan Indonesia Mengajar, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah derah terpencil yang pada umumnya masih memiliki kualitas sarana dan kegiatan belajar mengajar masih minim. Karyawan menjadi relawan pengajar dan juga berkegiatan bersama masyarakat, baik di tingkat desa maupun kabupaten selama tujuh hari.

(Why/Ysl)