Sukses

Situs dan Aplikasi OLX Tak Bisa Diakses, Apa Penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Platform iklan baris OLX tumbang alias tidak bisa diakses pada hari ini, Jumat (23/12/2016). Pantauan Tekno Liputan6.com, baik versi desktop (situs) dan aplikasi OLX tidak dapat digunakan.

Pada situs utamanya, terpampang pengumuman bahwa OLX tidak bisa digunakan untuk sementara waktu, dengan ilustrasi dan tulisan "Tenang Juliman, sini aku perbaiki!" dan “Tunggu sebentar ya OLXer..”.

Sedangkan pada aplikasinya, juga terpampang ilustrasi serupa dengan yang ada di desktop. Ketika kami mencoba untuk mencari produk di kolom pencarian, muncul tulisan “Request failed: service unavailable (503).”, yang artinya aplikasi juga tidak dapat diakses secara utuh.

Tumbangnya OLX sangat berisiko mengganggu aktivitas transaksi jual beli di platform, terlebih bagi calon pembeli yang hendak mencari produk di kolom iklan baris.

Hingga berita ini naik, pihak OLX belum memberikan keterangan resmi terkait penyebab mengapa kedua versi platform bisa down dalam waktu yang bersamaan.

OLX sendiri dikenal sebagai platform yang jarang mengalami masalah seperti ini. Bisa jadi, tak bisa diaksesnya platform karena penyebab teknis yang membuat situs lumpuh dalam waktu yang tak bisa ditentukan.

Fenomena serupa terjadi pada Harbolnas 2015 tahun lalu, di mana sejumlah e-Commerce mengalami kelumpuhan dan tak bisa diakses. Diduga kuat, lonjakan kunjungan menyebabkan situs-situs tersebut down.

Adapun situs e-Commerce lainnya, seperti Bukalapak, Elevenia, Lazada, dan Mataharimall sempat down kala Harbolnas berlangsung. Sebelumnya, Mataharimall juga dikabarkan sempat mengalami down, namun tampaknya langsung segera diatasi.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline
Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang