Sukses

Kaleidoskop Tekno Desember: Demo 212 dan Fenomena Om Telolet Om

Di bulan ini, kanal Tekno Liputan6.com diramaikan oleh berbagai informasi yang menarik mulai dari demo 212 hingga fenomena Om Telolet Om.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi 2 Desember atau Aksi Damai 212 yang berlangsung di Jakarta mengawali kilas balik Tekno Liputan6.com di bulan Desember.

Aksi damai ini merupakan lanjutan demonstrasi 4 November 2016 terkait dengan dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Tak dimungkiri, beberapa trending topic terpopuler yang berhubungan dengan aksi damai 2 Desember pun ramaikan linimasa Twitter Indonesia dan dunia.

Kabar lain datang dari pagelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diadakan pada 12 Desember hingga 14 Desember 2016. Dalam tiga hari pagelarannya, lebih dari 200 e-Commerce di Indonesia berpartisipasi dan memeriahkan pagelaran ini dengan diskon besar-besaran.

Namun, tak ayal pagelaran ini dijadikan saat yang tepat bagi seller 'nakal' yang mengambil keuntungan pembeli yang kurang waspada. Hal ini terbukti dengan munculnya beberapa seller 'nakal' di sejumlah e-Commerce peserta Harbolnas 2016.

Dari industri gim, bulan terakhir pada 2016 jadi 'buah manis' bagi Nintendo yang meluncurkan gim mobile pertama, Super Mario Run. Lainnya, fenomena Om Telolet Om menjangkiti dunia. Baik masyarakat bisa, atlet, selebritas, hingga pemimpin dunia pun tidak luput dari fenomena ini.

Lebih lengkapnya, berikut rangkuman berita paling hits sepanjang Desember 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Demo 212

1. Aksi Damai 2 Desember Sesaki Linimasa Twitter Indonesia

Aksi damai 2 Desember jadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini terbukti dari 10 besar trending topic Twitter Indonesia yang didominasi oleh bahasan mengenai demo 212.

Beberapa trending topic terpopuler di Twitter Indonesia per Jumat (2/12/2016) di antaranya adalah tagar #SuperDamai212, #TolakPemimpinKafir, #KitaBisaDamai, #AksiSuperDamai212, hingga #AksiDamai.

Pantauan Tekno Liputan6.com pada Twitter, cuitan tentang aksi damai 2 Desember ini mengalir begitu deras. Dalam waktu lima menit, cuitan yang dihasilkan dengan tagar-tagar di atas bisa mencapai ratusan tweet.

Beberapa pengguna yang mencuit di antaranya adalah komentar mengenai memberi semangat kepada peserta aksi damai, seperti yang dicuitkan oleh pemilik akun @Andriii_M, "Semangat para kaum muslimin .. kalian luar biasaaa .. #SuperDamai212".

3 dari 5 halaman

Diskon Abal-abal di Harbolnas 2016

2. Hati-Hati Diskon Abal-Abal di Harbolnas 2016

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di hari pertama telah dimulai sejak pukul 00.00 tadi di sejumlah e-Commerce.
Berbagai macam promo menarik dengan potongan harga atau diskon besar-besaran pun disiapkan untuk menarik konsumen. Namun, ada beberapa produk yang dijual dengan diskon abal-abal.

Misalnya, Xiaomi Redmi Note 4-32GB Gold yang dijual seharga Rp 2.069.000 malah melambung tinggi menjadi Rp 99.000.000 di Lazada. Karena harganya dianggap tak masuk akal, netizen pun ramai-ramai mengunggahnya di media sosial.

Namun, berdasarkan penelusuran tim Tekno Liputan6.com, Selasa (12/12/2016) di Lazada, produk tersebut sudah hilang dari daftar.

4 dari 5 halaman

Super Mario Run Lampaui Pokemon Go

3. Diunduh 2,8 Juta Kali, Super Mario Run Salip Pokemon Go

Baru dirilis kemarin, Super Mario Run sudah mencetak sejarah sebagai peluncuran gim (game) mobile terbesar di App Store.

Berdasarkan tim perusahaan analis di Apptopia via The Verge, Sabtu (17/12/2016), gim besutan Nintendo ini sudah diunduh sebanyak 2,85 juta kali di hari pertama gim ini meluncur di App Store.

Super Mario Run berhasil melampaui jumlah unduhan di hari pertama Pokemon Go. Di hari pertama, Pokemon Go hanya diunduh sebanyak 900 ribu kali dan baru melonjak di hari ketiga dengan unduhan sebanyak 5,6 juta kali.

Pun demikian, Pokemon Go di hari pertamanya hanya dirilis di tiga negara, sementara Super Mario Run sudah langsung tersedia di 151 negara saat diluncurkan.

Masih belum ada data pasti berapa banyak pemain yang mengunduh Super Mario Run dan melakukan in-app purchase (IAP) untuk membuka 26 level yang tersedia di dalam gim.

5 dari 5 halaman

Fenomena Om Telolet Om

4. Om Telolet Om Menggema 1,2 Juta Kali di Twitter

Om Telolet Om (#OmTeloletOm) seketika menjadi viral di linimasa Twitter. Menurut data yang kami peroleh dari Twitter Indonesia, setidaknya Om Telolet Om menggema 1,2 juta kali hingga tanggal 21 Desember, pukul 23.30 WIB.

Puncak percakapan mengenai topik ini terjadi pada pukul 12.33 WIB, dengan kisaran 1.800 kicauan per menit. Hal ini lantaran topik ini menyebar dengan sangat masif di Twitter oleh pengguna, terutama pengguna Indonesia.

Selebritas dunia pun ikut-ikutan berkicau meski tak tahu artinya karena mereka kebanjiran mention dari pengguna Indonesia.

Tak hanya pengguna Twitter, sejumlah pengembang aplikasi dan gim mobile lokal mengambil langkah strategis dengan meluncurkan aplikasi bertopik Om Telolet Om.

Pantauan Tekno Liputan6.com Rabu (21/12/2106) menunjukkan beberapa aplikasi dan gim mobile dengan embel-embel Om Telolet Om atau Telolet 'mewabah' ke Google Play Store. Tentunya aplikasi dan gim itu dapat kamu unduh secara cuma-cuma.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini