Sukses

Mozilla Setop Pembaruan Firefox untuk Windows XP dan Vista

Liputan6.com, Jakarta - Mozilla mengambil sikap terkait sejumlah browser (peramban) lain yang telah menghentikan dukungan untuk sistem operasi lawas, seperti Windows Vista dan XP. Rencananya, pembaruan Firefox untuk kedua sistem operasi itu bakal disetop tahun depan.

Dikutip dari Engadget, Senin (26/12/2016), mulai Maret 2017, pengguna Windows XP dan Vista akan secara otomatis dipindah ke Firefox Extended Support Release (ESR). Dengan demikian, pembaruan fitur yang didapat pengguna akan terbatas.

Sementara penghentian dukungan keamanan juga akan dilakukan pada tahun depan, tepatnya September 2017. Baik pengguna Windows XP dan Vista dipastikan tak perlu melakukan tindakan tambahan untuk mendapatkan pembaruan tersebut. 

Sebelum itu dilakukan, pada pertengahan 2017, pengguna Windows XP dan Vista akan mendapat notifikasi bahwa dukungan pembaruan akan dihentikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Kendati demikian, bukan berarti Mozilla Firefox tak bisa digunakan di kedua sistem operasi tersebut setelah penghentian dukungan pembaruan sistem.

Mozilla juga tak akan lagi merilis update keamanan apabila ada serangan untuk dua peramban tersebut. Karena itu, Firefox di kedua peramban itu akan menjadi lebih rentan terhadap serangan dan tak ada penyelesaian yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Untuk mencegah hal ini, Mozilla sendiri meminta pengguna untuk melakukan pembaruan ke Windows versi terbaru. Tak hanya untuk pengguna pribadi, perusahaan yang masih menggunakan Windows XP dan Vista juga diminta untuk mempertimbangkan pilihan tersebut karena Mozilla tak lagi memberikan dukungan keamanan.

Sebagai informasi, selain Mozilla Firefox, peramban lain yang juga sudah melakukan tindakan serupa adalah Google. Mulai tahun ini, Google Chrome di Windows XP dan Vista, termasuk Mac OS lawas juga tak mendapat dukungan pembaruan.

Langkah Google ini juga tak lepas dari keputusan Microsoft untuk tak lagi memberikan dukungan pada dua sistem operasi tersebut setelah kehadiran Windows 10 tahun lalu. Sebagai gambaran, Windows XP sudah berumur 12 tahun sedangkan Windows Vista telah rilis sejak 9 tahun lalu. 

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Polisi New York Ganti 36 Ribu Unit Windows Phone dengan iPhone