Sukses

Terbukti, Facebook Jiplak 9 Fitur Snapchat

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016, Facebook mulai menghadirkan sejumlah fitur yang mirip dengan milik Snapchat. Mungkinkah ini gara-gara jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu gagal mengakuisisi Snapchat senilai US$ 3 miliar (Rp 40,5 triliun)?

Terlepas dari itu, laporan Business Insider yang Tekno Liputan6.com kutip, Senin (26/12/2016), sejumlah aplikasi milik Facebook seperti Instagram, Messenger, WhatsApp hingga aplikasi Facebook pun punya beberapa fitur yang mirip.

Zuckerberg percaya bahwa komunikasi pengguna internet di masa depan akan dilakukan dengan bantuan kamera. Konsep ini pertama kalinya diusung dan dijalankan oleh Snapchat dalam layanannya. Lantas, fitur apa saja sih yang sudah dijiplak Facebook dari Snapchat?

1. Facebook Akuisisi MSQRD

Indikasi pertama Facebook mulai mirip dengan Snapchat adalah saat mengakuisisi Masquerade (MSQRD). Lewat aplikasi ini, dua orang dapat saling bertukar wajah atau face swapping dan lainnya. Nah, fitur ini mirip dengan fitur Lenses yang dimiliki Snapchat.

Raksasa jejaring sosial itu membeli aplikasi live filter dan face swap atau "pengubah wajah", Masquerade (MSQRD).

2. Fitur Pemindai untuk Menambah Teman di Messenger

Seperti milik Snapchat, Facebook juga menambah sebuah fitur anyar pada aplikasi Messenger. Fitur pemindai ini memungkinkan pengguna untuk memindai QR Code (kode QR) yang dimiliki pengguna lain. Secara otomatis, kedua pengguna bisa langsung berteman dengan mudah.

Fitur pemindai QR Code pada Messenger (Sumber: Business Insider)

1 dari 3 halaman

Dissapearing Message

3. Facebook Hadirkan Fitur 'Dissapearing Message'

Pada bulan Mei 2016, Facebook menghadirkan sebuah fitur baru pada Messenger yang memungkinkan pesan yant terkirim akan menghilang dalam beberapa waktu. Sebelumnya, Snapchat memperkenalkan unggahan yang dibatasi waktu, yakni selama 24 jam unggahan akan menghilang.

Facebook akan perkenalkan platform gim untuk Messenger. (Doc: Techcrunch)

4. Instagram Stories

Agustus lalu, Facebook menghadirkan Instagram Stories pada Instagram. Banyak yang menganggap bahwa Instagram Stories sangat identik dengan layanan Snapchat. Unggahannya juga sama-sama hingga setelah 24 jam.

Instagram Stories (Sumber: Instagram)

5. Tambah Fitur Livestreaming di Instagram Stories

Pada akhir November, Instagram Stories kedatangan fitur livestreaming, yang memungkinkan pengguna melakukan siaran langsung dan konten akan hilang setelah siaran selesai. Untuk yang satu ini, Facebook lebih unggul karena Snapchat belum memilikinya.

Instagram pada Senin, 12 Desember 2016, waktu setempat, memulai debut video live di Instagram Stories untuk pengguna di AS (Foto: techcrunch.com)

6. Fitur Kamera di Facebook

Fitur yang disebut Facebook New Camera ini hadir pertama kali di Irlandia, akhir Oktober lalu. Kehadirannya di aplikasi Facebook memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto-foto selfie dan mengubahnya dengan topeng lain, mirip dengan fitur Snapchat Lenses.

Facebook menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengganti wajahnya dengan filter (Sumber: Business Insider)

2 dari 3 halaman

Kamera pada WhatsApp

7. Kamera pada WhatsAapp

Tak hanya di Instagram dan Messenger, Facebook juga menyuguhkan fitur kamera mirip Snapchat pada WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil foto pada kamera WhatsApp dan menambahkan dengan kreasi berbagai stiker, teks, maupun doodle dan mengirimkan pada pengguna lain.

Fitur kamera pada WhatsApp yang bisa diedit sesuai kreatifitas penggunanya (Sumber: Business Insider)

8. Facebook Hadirkan Filter untuk Live Video

Baru-baru ini Facebook menghadirkan filter baru di Facebook Live. Pengguna juga bisa mengubah wajahnya dengan berbagai filter tertentu.

Facebook rilis Live Masks untuk musim liburan 2016 (Foto: Ist)

9. Messenger Day di Facebook Messenger

Facebook menghadirkan Messenger Day pada Facebook Messenger. Hadirnya fitur ini membuat pengguna Messenger bisa mengirimkan foto dan akan menghilang setelah 24 jam.

(Tin/Ysl)

 

Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik