Sukses

Produksi Massal Smartphone Fleksibel Dimulai 2018

Pada 2018, setidaknya ada tiga hingga lima perusahaan yang akan mengembangkan ponsel lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Kolon Industries meyakini sejumlah perusahaan teknologi akan mulai produksi massal ponsel fleksibel dan lipat pada 2018. Perangkat tersebut diprediksi akan menguasai 20 persen pasar smartphone di Korea Selatan satu tahun setelahnya.

Menurut Kolon Industries yang merupakan pemain besar dalam industri material, setidaknya ada tiga hingga lima perusahaan yang akan mengembangkan ponsel lipat.

Kolon Industries sendiri saat ini merupakan satu-satunya produsen polyimide tidak berwarna, yang merupakan elemen kunci untuk perangkat lipat.

Chief Executive Office (CEO) Kolon Industries, Kang Chung-seok, mengatakan bahwa perangkat yang bisa dilipat kemungkinan akan dirilis pada 2017. Perangkat tersebut bisa ditekuk dari radius 5mm, melebihi ekspektasi sebelumnya yaitu 1mm. Demikian seperti dilansir Softpedia, Senin (26/12/2016).

Semakin kecil radius, maka fleksibilitas material dinilai semakin bagus. Menurut Chung-seok, radius 1mm memang ideal karena kedua sisi ponsel bisa hampir saling bersentuhan.

Namun, kata Chung-seok, hal itu akan menimbulkan masalah keamanan sehingga perusahaan-perusahaan kemungkinan akan mulai dengan radius 5mm, kemudian secara bertahap menguranginya.

Adapun salah satu manufaktur [smarthpone ](2683729/5 "")yang diyakini tengah mengerjakan ponsel lipat adalah Samsung. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu dilaporkan bakal meluncurkan dua tipe smartphone lipat dan mengamati pergerakan pasar sebelum memulai poduksi massal. 

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.