Sukses

Memahami Fungsi Tombol "Esc" di MacBook dengan 3 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna MacBook, pasti sudah paham kegunaan tombol Esc (Escape). Tombol yang berada di sisi kiri Touch Bar atau keyboard itu selalu digunakan untuk menutup paksa sebuah aplikasi yang sedang berjalan.

Sekadar diketahui, tombol Esc dinamai demikian sesuai dengan seri standar internasional ISO/IEC 999. Tombol ini berfungsi sebagai karakter Escape (ASCII kode 27 dalam desimal, Unicode U+001B, atau Ctrl+ [pada keyboard tradisional]).

Namun, tahukah kamu, ada beberapa fungsi lain yang dapat dilakukan dengan tombol Esc di perangkat Macbook milikmu?

Sebagaimana dikutip dari CNET, Selasa (27/12/2016), tips berikut ini dapat kamu coba dengan tombol menggunakan tombol Esc.

1. Menyembunyikan Kursor

Kamu dapat menekan tombol Esc untuk menyembunyikan kursor jika dirasa mengganggu aktivitasmu saat menonton atau membuka foto. Cara memunculkannya pun mudah, kamu hanya tinggal gerakan menggerakan mouse atau menyentuh trackpad.

2. Hapus Teks di Spotlight

Tombol Esc di sini berguna untuk menghapus teks yang ada di kotak pencarian. Hal itu tentu memudahkan kamu kembali ke jalur pencarian yang berbeda tanpa harus menutup dan membuka lagi Spotlight.

3. Mengembalikan Tab

Browser seperti Chrome, Firefox, dan Safari memungkinkan kamu untuk men-drag tab dari satu jendela ke jendela baru. Alhasil, ini membuat banyak tab terbuka. 

Dengan tombol Esc, kamu tidak harus membuka tab lain. Kamu hanya tinggal membuka tab baru pada tab yang sama, dan jika ingin mengembalikannya tinggal tekan ulang Esc.

(Eronika Dwi Pinara/Cas)

Artikel Selanjutnya
7 Trik Rahasia Optimalkan Kinerja iPhone Kamu
Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Atasi Baterai iPhone yang Boros